BELIMBING WULUH, Ternyata bisa Jadi Detergen yang Ramah Lingkungan

Belimbing Wuluh Jadi Detergen yang Ramah Lingkungan
Sumber :
  • ugm.ac.id

Yogyakarta, WISATA Detergen merupakan produk yang sering digunakan masyarakat untuk membersihkan pakaian, sepatu dan barang lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, detergen sintetis/kimia ternyata bisa mencemari lingkungan, karena kandungan zat kimia dalam detergen bisa menyebabkan kematian organisme di air, mencemari eksosistem hingga membahayakan kesehatan manusia.

Tak hanya itu, penggunaan detergen sintetis juga menyisakan persoalan limbah sampah plastik bungkus detergen.

Peduli akan persoalan tersebut, sekelompok mahasiswa UGM mengembangkan detergen ramah lingkungan berbahan dasar buah belimbing wuluh bernama "Paper GenB".

Inovasi ini lahir dari gagasan Rizqa Irma Widayati (Kimia), Pangestu Arum Pratiwi (Kimia), Nadia Ramadhani (Kimia), Aufa Nasywa Rahman (Teknologi Informasai), dan Afix Vega Praditya (Teknologi Informasi) yang tergabung dalam  tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan UGM.

RESEP: Garang Asem Ayam, Nikmat dan Segar Dimakan di Musim Hujan

Lima Mahasiswa UGM Ciptakan Detergen dari Belimbing Wuluh

Photo :
  • ugm.ac.id
“Kami prihatin dengan persoalan lingkungan yang ditimbulkan dari pemakaian detergen sintetis. Oleh sebab itu, kami membuat detergen yang eco-friendly dan biodegradable dengan  menerapkan prinsip zero waste,” papar Rizqa.

Rizqa mengatakan "Paper GenB" hadir sebagai salah satu produk inovasi detergen ramah lingkungan.

Halaman Selanjutnya
img_title