Peperomia Pellucida: Obat Segala Macam Penyakit

Tanaman Sirih Cina atau Tumpang Air (Peperomia pellucida)
Sumber :
  • Instagram/armand_rudiana

Malang, WISATA – Ada tanaman herbal yang dipercaya dapat menyembuhkan banyak penyakit. Tanaman ini biasa ditanam sebagai tanaman hias di halaman rumah, atau tumbuh liar, namanya sirih cina atau tumpang air (Peperomia pellucida).

Penting!, Jangan Minum Kopi Bila Anda Merasakan Hal-hal Berikut

Peperomia pellucida adalah tanaman herbal berakar yang telah digunakan sebagai bahan makanan serta ramuan obat. Seluruh tanaman dapat dimakan baik dimasak atau mentah. 

Tanaman ini sudah dikenal cukup lama sebagai pegobatan penyakit.  Data menunjukkan bahwa saat tanaman dihancurkan, dicampur dengan air, dipanaskan, dan kemudian diberikan secara oral, manfaatnya untuk menghentikan pendarahan.  Sedangkan rebusan akar yang ditumbuk halus dapat digunakan untuk menutup luka untuk mencegah infeksi.

Inilah Alasan Mengapa Harus Makan Terlebih Dahulu Sebelum Minum Obat

Di kalangan masyarakat, P. pellucida telah digunakan untuk mengobati sakit perut, abses, jerawat, bisul, kolik, kelelahan, asam urat, sakit kepala, gangguan ginjal, dan nyeri rematik, dan untuk mengobati kanker payudara, impotensi, campak, gangguan mental dan cacar.

Beberapa manfaat Peperomia pellucida antara lain sebagai berikut:

Prakiraan Cuaca Daerah Istimewa Yogyakarta, Tanggal 4 Juli 2024

1. Sebagai analgesic

Dalam penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak P. pellucida menunjukkan aktivitas anti-piretik yang sebanding dengan kadar obat aspirin standar. 

Halaman Selanjutnya
img_title