Pendidikan Rumah Tangga: 5 Langkah Menuju Keluarga Sakinah

5 langkah menuju keluarga sakinah
Sumber :
  • pexels/monstera

Makassar, WISATA - Setiap orang pasti merindukan menjalani rumah tangga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah. Rumah tangga dan keluarga yang memberi perasaan nyaman dan menentramkan, selalu akan membuat anggotanya rindu untuk pulang.

Begini Perspektif dan konsepsi Para Filsuf Muslim tentang Keadilan

Keluarga yang sakinah, tidak tercipta begitu saja karena kita menginginkannya. Keluarga sakinah perlu diupayakan dan dipersiapkan dengan matang. Berikut 5 langkah persiapan membentuk keluarga sakinah.

1.Persiapkan software’nya yaitu qolbu atau hati kita

Plato: "Keadilan Tidak Berasal dari Hukum, tetapi dari Watak Manusia"

Keluarga yang bahagia berasal dari hati yang bahagia dan tenang. Hati yang tenang adalah hati yang selalu ingat akan Allah. Allahlah yang menjadikan kita berpasang-pasangan, Allah yang menyuruh kita menikah, Allah menyuruh kita ibadah. Allah sudah siapkan rambu: “Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka,” QS. At Tahrim: 6. Jadi, membangun rumah tangga yang sakinah harus didasari berjalan di dalam koridor Islam, menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya.

2.Perbaiki akhlak/kepribadian

Inilah Makna Kebahagiaan dalam Pandangan Para Filsuf Muslim

Awal membangun rumah tangga, mungkin hanya kebahagiaan yang dirasakan karena telah dapat bersatu dengan belahan jiwa. Namun setelah menapaki hari demi hari, akan tersadar bahwa rumah tangga adalah samudera masalah. Dan masalah yang sedemikian banyak hanya akan dapat diatasi dengan sikap yang dewasa. Hanya dengan kedewasaan dan kearifan, semua masalah dapat teratasi. Maka hilangkan sifat egois dan mau menang sendiri, karena dalam rumah tangga, semua hal akan teratasi dengan diskusi dan kompromi.

3.Pelajari ilmu agama

Halaman Selanjutnya
img_title