SMK TMR: Gelar In House Training (IHT), Dihadiri Pengawas Pembina KCD 2 Provinsi Jawa Barat

SMK Tunas Multi Raya, Depok Menggelar In House Training (IHT)
Sumber :
  • Suwanto Rusdi

Depok, WISATASMK Tunas Multi Raya (TMR), Depok, Jawa Barat menggelar kegiatan In House Training (IHT) pada Jumat (21/07/2023).

Kegiatan ini dilakukan untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka kepada anak didik, agar setiap guru mempunyai paradigma mengajar yang mengacu pada sistem atau filosofi yang dirancang oleh Tokoh Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara yaitu “Pendidikan berhamba pada Anak” atau pendidikan yang berpihak kepada peserta didik.

Karena itu, proses pendidikan harus difokuskan kepada anak didik, bukan fasilitas, keinginan pimpinan lembaga bahkan juga bukan karena kemauan kurikulum.

Menginspirasi Generasi Muda: 9 Mutiara Kebijaksanaan Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan

SMK Tunas Multi Raya, Depok Menggelar In House Training (IHT)

Photo :
  • Suwanto Rusdi
Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara, “Menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.”

Dengan demikian guru harus memperhatikan capaian, tingkat kemampuan, kebutuhan peserta didik sebagai acuan untuk merancang pembelajaran. Pembelajaran harus berpusat pada peserta didik. Guru merupakan komponen terpenting dalam dunia pendidikan. Pembelajaran tanpa adanya sosok guru, tidak akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu agar seorang guru dapat menjalankan tugasnya dengan baik maka guru dituntut untuk menguasai kompetensi keguruan.
Halaman Selanjutnya
img_title