'Bunker Horor' Perang Dunia II dari Unit 731 yang Terkenal Ditemukan di Tiongkok

Unit 731 Penelitian dan Perang Biologi dan Kimia
Sumber :
  • Instagram/historyasia

Anda-Heilongjiang, WISATA – Para arkeolog di Tiongkok telah menemukan bunker rahasia bawah tanah yang digunakan oleh ilmuwan Jepang untuk melakukan eksperimen mengerikan terhadap manusia selama Perang Dunia II

Tim Arkeologi dan Antropologi Temukan Penerbang AS yang Hilang di Perang Dunia II 80 Tahun Kemudian

‘Bunker horor’, yang ditemukan di dekat kota Anda di provinsi Heilongjiang, timur laut Tiongkok, digunakan oleh Unit 731 tentara Jepang yang terkenal selama pendudukan Jepang di Tiongkok dari tahun 1931 hingga 1945.

Dibangun oleh Jepang pada tahun 1941 dan beroperasi hingga Jepang menyerah pada akhir Perang Dunia II, laboratorium tersebut merupakan tempat penelitian terbesar Unit 731, namun lokasi tepatnya hilang hingga sekarang. Unit 731 dimulai pada tahun 1931 sebagai unit kesehatan masyarakat yang dikelola Jepang, namun dengan cepat memperluas penelitiannya hingga mencakup eksperimen perang biologis dan kimia yang menggunakan tawanan Tiongkok, Korea, Rusia, dan Amerika sebagai subjek uji.

Pola Impor Indonesia: Dominasi Produk Non-Migas dari Tiongkok dan Perkembangan Positif Negara Lain

Dilansir dari livescience.com, para peneliti di Institut Peninggalan Budaya dan Arkeologi Provinsi Heilongjiang, yang menemukan bunker tersebut, mengatakan, bahwa penemuan tersebut menyoroti warisan kekejaman Unit 731 dan dampaknya terhadap upaya global untuk mencegah perang biologis. 

Hingga 12.000 pria, wanita dan anak-anak terbunuh oleh eksperimen sadis Unit 731 yang mencakup pengujian granat, bom bakteri, penyembur api dan senjata kimia. Individu juga mengalami dehidrasi, dibunuh di dalam mesin sentrifugal yang berputar, disuntik dengan darah hewan, disetrum dengan sinar-X, dibedah tanpa anestesi dan disimpan di dalam ruang bertekanan rendah sampai bola mata mereka pecah. 

Eksplorasi Ekspor Industri Non-Migas: Pergerakan Utama di Pasar Internasional pada Juni 2024

Kutu yang terinfeksi wabah yang dibiakkan di laboratorium Unit 731 juga dijatuhkan oleh pesawat yang terbang rendah di kota-kota di Tiongkok, menyebabkan wabah penyakit yang menewaskan ratusan ribu orang. 

Para arkeolog telah menemukan sebagian struktur berbentuk U, yang panjangnya kira-kira 108 kaki (33 meter) dan lebar 67 kaki (21 m), dengan ruangan-ruangan yang saling berhubungan dan terowongan yang bercabang darinya. Karena para arkeolog belum masuk ke dalam, tujuan pasti dari setiap ruangan belum diketahui, namun para peneliti telah mengkategorikan apa yang mereka yakini sebagai laboratorium, ruang observasi dan pembedahan, sel tahanan, barak, garasi, pemandian, ruang makan dan sumur. 

Halaman Selanjutnya
img_title