Erebus, Gunung yang Terus-menerus Mengeluarkan Emas, adalah Tanda Peringatan Perubahan Iklim Global

Gunung Erebus di Antartika
Sumber :
  • instagram/activefacts_

Malang, WISATA – Pada tanggal 19 April, Interesting Engineering melaporkan bahwa para peneliti telah menemukan emas dalam emisi gas gunung berapi Erebus serta salju dan udara di sekitarnya, yang berjarak 1.000 km dari gunung. 

Gunung Berapi di Antartika ini Keluarkan Kristal Emas Metalik Senilai Rp97 Juta dalam Sehari

Menurut perhitungan para ilmuwan, gunung ini mengeluarkan 80gram emas mengkristal setiap hari, senilai sekitar $6.500. 

Menurut IFL Science saat melakukan penelitian, Gunung Erebus, yang merupakan gunung berapi aktif di Antartika yang terletak di pesisir timur Pulau Ross dengan ketinggian 3.794 meter di atas permukaan laut., pada tahun 1991, ini ditemukan bahwa gunung tersebut mengeluarkan emas asli sepanjang tahun. 

Peta berusia 500 Tahun yang Ditemukan Menghancurkan Sejarah Planet Ini

Gunung ini ditemukan pada tahun 1841 oleh penjelajah Skotlandia James Ross, yang menamainya dengan nama salah satu dari dua kapalnya. 

Gunung ini terus menerus meletus sejak tahun 1972. Erebus merupakan salah satu dari 138 gunung berapi aktif di Antartika yang terletak di Pulau Ross. Ini adalah salah satu dari dua gunung berapi aktif di wilayah tersebut dan memuntahkan debu emas setiap hari.

Sisa-sisa Hutan Hujan Berusia 90 Juta Tahun Ditemukan di Bawah Es Antartika

Philip Kyle, peneliti di New Mexico Institute of Mining and Technology di Socorro, meyakini emas ini mungkin berasal dari batuan vulkanik. Menurut para ahli dari Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA), suhu yang sangat tinggi menyebabkan bebatuan jauh di dalam bumi meleleh dan muncul dari bawah gunung berapi Erebus bersama dengan emas, yang kemudian dibawa ke permukaan sebelum mengkristal.

Tamsin Mather, ahli vulkanologi Inggris, mengamati, “Erebus adalah salah satu dari sedikit gunung berapi yang memiliki danau lava yang terus aktif di dalam kawahnya dan mengeluarkan gas 24/7. Ini melepaskan banyak partikel logam kecil, termasuk emas dan banyak lainnya. Setiap gunung berapi memiliki reaksi kimia yang berbeda dan ada beberapa gunung berapi lain selain Erebus yang juga mengeluarkan debu emas.”

Halaman Selanjutnya
img_title