Inovasi Aplikasi Keuangan "Ayo Kasbon", untuk Hindari Jeratan Pinjol Ilegal

Aplikasi Ayo Kasbon
Sumber :
  • Handoko/Istimewa

Jakarta, WISATA - PT Ayo Kasbon Indonesia, startup teknologi keuangan, secara resmi meluncurkan aplikasi layanan keuangan terbaru mereka, "Ayo Kasbon", bertepatan dengan Hari Buruh pada Rabu, 1 Mei 2024, di Jakarta. Aplikasi ini dirancang untuk memfasilitasi karyawan, pegawai, dan buruh agar dapat mengambil gaji lebih awal sebelum tanggal gajian.

PINJOL: Hati-hati, Ratusan Pinjol Ilegal Beredar di Internet, Waspadalah....

Ari Gunawan, Direktur PT Ayo Kasbon Indonesia, menjelaskan bahwa aplikasi ini muncul sebagai solusi atas masalah yang sering dihadapi masyarakat dengan platform pinjaman online (pinjol) ilegal dan rentenir. "Kami bersyukur, bertepatan dengan peringatan Hari Buruh, dapat memperkenalkan aplikasi Ayo Kasbon, sebuah layanan inovasi kasbon digital untuk para karyawan, pegawai, dan buruh. Proses pengajuan kasbon dapat dilakukan lebih mudah, aman, cepat, dan fleksibel. Dengan aplikasi ini, para karyawan, pegawai, dan buruh dapat menarik sebagian gaji di awal sebelum tanggal gajian tanpa dibebani bunga. Ayo Kasbon berjalan secara syariah," ujar Ari saat peluncuran aplikasi di Jakarta.

Solusi untuk Karyawan dan Perusahaan

MAGELANG: 1.085 Jemaah Haji Kab. Magelang Kembali dari Tanah Suci, Alhamdulillah

Ari menambahkan, model bisnis Ayo Kasbon menyasar perusahaan pabrik, kantor, outsourcing, dan pegawai negeri sipil (PNS). Ayo Kasbon juga bisa memfasilitasi perusahaan yang saat ini sudah menjalankan praktek kasbon secara manual untuk beralih ke digital, tanpa biaya tambahan bagi perusahaan. Dalam proses manual, karyawan harus mengisi formulir, meminta izin ke bagian Sumber Daya Manusia (SDM), dan jika disetujui, bagian SDM akan meneruskan ke bagian keuangan untuk mencairkan kasbon secara tunai.

Kasbon sendiri adalah dana yang disediakan oleh perusahaan sebagai fasilitas bagi karyawan untuk mengambil sebagian gaji bulanan lebih awal sebelum tanggal gajian. Praktek kasbon (earned wage access/EWA) secara digital yang dijalankan oleh pihak lain memiliki berbagai bentuk, seperti memberikan limit kasbon hingga 90% dari gaji dan proses repayment kasbon dengan cicilan serta bunga. Ayo Kasbon berbeda, karena limit kasbon maksimal dibatasi sekitar 30%-40%, pembayaran tidak dicicil, serta tanpa bunga, hanya dikenakan biaya administrasi per kali kasbon.

REMBANG: Hati-Hati, Jiplak Batik Lasem Bisa Terjerat Hukuman Pidana

Menghindari Jeratan Pinjaman Online Ilegal

Ari menekankan bahwa misi produk Ayo Kasbon adalah agar para karyawan, pegawai, pekerja, dan buruh tidak terjerat pinjol ilegal dan rentenir. "Ayo Kasbon membuka pendaftaran bagi perusahaan atau pabrik untuk memberikan layanan kasbon secara digital bagi karyawan. Info lebih lanjut bisa dilihat di website ayokasbon.com," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title