Yuk Ikutan Sayembara Kritik Sastra 2024 yang Diadakan oleh DKJ dan Badan Bahasa

Sayembara Kritik Sastra
Sumber :
  • IG/jakartscouncil

Jakarta, WISATA – Sayembara Film, Sastra, dan Teater dan Kritik Sastra kembali diadakan oleh Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Sayembara ditujukan untuk para pegiat kesenian, mahasiswa, dan masyarakat umum yang ingin menuangkan pemikiran, analisis, dan karya kreatif.

ATVI: Kolaborasi Badan Bahasa dan Akademi Televisi Indonesia dalam Manajemen Produksi Konten

"Sayembara digelar untuk mendorong lahirnya generasi baru penulis naskah drama, kritikus sastra dan film. Lebih dari itu adalah bagian dari strategi DKJ untuk memperkuat ekosistem kesenian di Indonesia," ujar Ketua DKI, Bambang Prihadi, l Selasa (21/5/2024).

Ia memaparkan, sayembara kritik sastra yang baru diadakan dua kali pada tahun 2024 mengambil tema, ‘Satirisme A.A. Navis’. Tema ini dipilih dalam rangka merayakan peringatan 100 tahun A.A. Navis.

INFO HAJI 2024: Bus Shalawat Berhenti Operasi Jumat Dini Hari, Jemaah Diimbau Salat Jumat di Hotel

"DKJ bekerja sama dengan Badan Bahasa Kemendikbudristek, Komite Sastra berniat mengangkat ketokohan A.A. Navis yang melalui karya-karyanya mampu menghadirkan nuansa lokal Minangkabau yang kuat. Sambil menggambarkan dilema dan tantangan yang dihadapi manusia secara universal," katanya.

Di samping itu, Ketua Komite Film DKJ, Sugar Nadia menjelaskan, sayembara kritik film digelar guna memberikan ruang. Kepada para kritikus dan pengamat film Indonesia untuk menuangkan gagasan.

RAGNAR ORATMANGOEN: Dipecat FC Groningen dan Belum Ada Klub, Ragnar Nonton Bali United, Kode Keras?

“Sayembara kritik film digelar bertujuan menemukan kritikus film berbakat, sebagai ajang penulis baru dan kembalinya penulis lama. Untuk menampilkan kemampuan analitis dan berinteraksi dengan profesional di bidang perfilman,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Komite Teater DKJ, Agus Setiawan menambahkan, sayembara naskah teater digelar dalam rangka  pentingnya kepenulisan naskah. Dalam menciptakan pertunjukan sebagai sesuatu yang mandiri.

Halaman Selanjutnya
img_title