INFO HAJI: Menag Lepas Keberangkatan Jemaah Haji Pertama dari Bandara Kertajati, Majalengka:

Menag melepas keberangkatan jemaah haji kloter KJT-01
Sumber :
  • https://kemenag.go.id/pers-rilis

WisataMajalengka (Kemenag) - Dalam momen yang bersejarah, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan jemaah haji kloter pertama dari Embarkasi Kertajati (KJT-01) di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Dalam acara yang berlangsung pada Minggu (28/5/2023) tersebut, Menag Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan bahwa penerbangan ini merupakan yang pertama untuk jemaah haji di Jawa Barat bagian utara.

Mencengangkan, Inilah Daerah dengan Pelancong ke Luar Negeri Terbanyak, Beserta Destinasinya

"Ini merupakan penerbangan pertama untuk jemaah haji di Jawa Barat bagian utara," ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas di Majalengka, Jawa Barat.

Tak hanya itu, Menag juga menyampaikan rencananya untuk tahun depan. Ia berencana mempertimbangkan skenario agar jemaah haji Jawa Tengah bagian barat dan selatan juga dapat diberangkatkan dari Bandara Kertajati.

Bogor Cerah Berawan Sepanjang Hari, Waspada Angin Kencang Siang dan Sore Hari

Penerbangan kloter pertama, KJT-01, terdiri dari 366 jemaah haji beserta delapan orang petugas yang berasal dari Kabupaten Majalengka. Data yang diperoleh dari Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) memperlihatkan bahwa pada musim haji 1444H/2023M ini, Embarkasi Kertajati akan memberangkatkan total 24 kloter jemaah haji Jawa Barat yang berasal dari tujuh kabupaten/kota.

Menag juga menyempatkan diri untuk berbincang dengan para jemaah haji di Bandara Kertajati. Beliau memberikan pesan kepada jemaah haji lansia agar tetap menjaga kondisi fisik selama beribadah dan selalu meminta bantuan petugas jika diperlukan.

Bandung Cerah Berawan Siang Hari, Dingin Pagi dan Malam Hari

Mengingat kondisi cuaca yang panas di Arab Saudi, Menag juga memberikan pengingat kepada jemaah haji untuk menggunakan alat pelindung diri, seperti payung atau topi, serta membawa semprotan air untuk menghindari dehidrasi.

Acara pelepasan tersebut turut dihadiri oleh sejumlah tokoh, termasuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Sadzily, Anggota Komisi VIII DPR RI, Dirjen PHU Hilman Latief, Irjen Kemenag Faisal, serta Kakanwil Kemenag Jawa Barat Ajam Mustajam.

Halaman Selanjutnya
img_title