Membludak, Jamaah Salat Idhuladha di Masjid Al Barkah, Depok, Juga Hewan Kurbannya

Jamaah Masjid Al Barkah, Pancoran Mas, Depok, Berjubel
Sumber :
  • Anjani

Depok, WISATA – Dalam satu tahun, umat muslim yang ada di seluruh penjuru dunia melaksanakan salat Idhulfitri pada 1 Syawal, serta salat Idhuladha yang jatuh setiap tanggal 10 Zulhijah, sesudah terbitnya matahari.

INFO HAJI 2024: Inilah Mbah Imam, Jemaah Haji Berusia 100 Tahun dari Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

Beberapa tahun lalu sebelum adanya pandemi Covid-19 merajalela, seluruh umat muslim diperbolehkan untuk beribadah di masjid dengan aman, tenang dan tanpa pembatasan jumlah jamaah.

Namun semua kondisi itu tiba-tiba berubah, ketika pandemi Covid-19 menerjang di seluruh dunia pada tahun 2019 hingga 2022.

YOGYAKARTA, Risiko Covid-19 di periode tanggal 31 Desember 2023 - 6 Januari 2024

Semua kebiasaan manusia ‘terpaksa’ diatur dengan aturan pemerintah, termasuk salat Id, yang seharusnya harus merapatkan saf-nya satu sama lain, dan berubah menjadi jaga jarak.

Namun tahun 2023 ini berbeda. Seluruh umat muslim sudah diperbolehkan salat berjamaah, tidak ada lagi pembatasan jumlah jamaah.

COVID-19: Ada Kasus Kematian Baru Covid-19, Puan Minta Program Vaksinasi Dimasifkan

Tentu, kondisi ini membuat umat muslim sangat senang untuk melakukan ibadah bersama lagi di tempat suci.

Salat Iduladha tahun 2023 ini juga demikian adanya. Banyak sekali jamaah yang menggelar sajadahnya hingga ke tengah jalan karena banyaknya jamaah salat Iduladha 1444 H. Bahkan panitia masjidpun tidak menyangka, jumlah jamaah akan sebanyak ini.

Halaman Selanjutnya
img_title