Briefing Penjelasan Tata Cara UTBK di Universitas Brawijaya untuk Kelancaran Pelaksanaan Tes SNBT

Panitia UTBK UB
Sumber :
  • rri.co.id

Malang, WISATA Briefing penjelasan tata cara Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) digelar pada Selasa (23/4/2024), di Universitas Brawijaya (UB). UB aktif mengadakan berbagai persiapan salah satunya melalui kegiatan briefing panitia pelaksanaan. Acara tersebut diikuti oleh 644 pengawas yang terdiri dari pengawas yang ditunjuk oleh fakultas dan penanggung jawab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). 

TUBAN: 2.000 Onthelist Kompak dan Semangat Ikuti Karnaval Sepeda Tua

Direktur Administrasi dan Layanan Akademik UB, Dr. Rosihan Asmara, S.E., M.P., mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memitigasi hal-hal yang tidak diinginkan ketika pelaksanaan UTBK berlangsung. Ketua panitia pelaksanaan UTBK 2024 UB itu menyampaikan akan berusaha menyiapkan UTBK semaksimal mungkin. 

Sementara itu Koordinator Pelaksana UTBK UB, Heri Prawoto Widodo, S.Sos., M.A.B., menyebutkan bahwa langkah – langkah yang harus dilakukan saat UTBK berlangsung adalah mulai dari peserta datang ke lokasi ujian, verifikasi dokumen peserta, mengecek pelanggaran yang mungkin dilakukan peserta, hingga peserta masuk dan keluar ruangan. 

BANDUNG: Sabtu-Minggu Dibuka untuk Umum, Gedung Pakuan Jadi Destinasi Wisata Edukasi Sejarah

Para pengawas diberi arahan mulai dari mengisi daftar hadir, menerima berita acara dan berkas yang diberikan ke peserta, verifikasi dokumen siswa, dan melakukan penetapan di aplikasi pengawas.

Pada pelaksanaan UTBK tahun ini, sebanyak  20.775 peserta akan mengikuti UTBK di Universitas Brawijaya. Dimana telah dipersiapkan 1.580 komputer yang tersebar di 16 lokasi, terdiri dari 62 ruang yang berada di UB kampus Veteran.

Bagaimana dan Mengapa Ludwig Feuerbach Mengalami Perubahan dari Pengaruh Pemikiran Hegel

Ada beberapa upaya yang dilakukan oleh panitia dalam meminimalisir kecurangan yang seringkali dilakukan oleh para peserta. Sehingga diharap para pengawas sangat jeli untuk meminimalisir adanya kecurangan. Alur dan tata tertib pelaksanaan adalah peserta masuk ke ruangan hanya membawa kartu peserta, surat keterangan lulus, dan identitas diri. Kemudian tidak boleh membawa alat tulis, jam tangan, dan handphone. Untuk mengidentifikasi adanya barang yang disembunyikan akan menggunakan metal detektor.

Untuk diketahui UTBK  Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) di UB akan dilaksanakan pada 30 April dan 2-7 Mei 2024, untuk gelombang 1 dan  14-20 Mei 2024 untuk peserta gelombang 2.  Untuk pilihan Program Studi,  setiap peserta dapat memilih hingga 4 program studi di PTN Akademik, PTN Vokasi, dan/atau PTKIN.

Halaman Selanjutnya
img_title