INFO HAJI: Jemaah Pulang Mulai Selasa, 4 Juli, Koper Ditimbang Dua Hari Sebelumnya

Koper Jemaah Haji Ditimbang Dua Hari Sebelum Pulang ke Tanah Air
Sumber :
  • mui.or.id

Makkah, WISATA Jemaah haji Indonesia saat ini tengah menjalani fase puncak haji di ArafahMuzdalifahMina. Fase ini akan berakhir pada 13 Zulhijah 1444 H / 1 Juli 2023 M.

INFO HAJI 2024: Jumat Ini, 6 Kloter Pertama Menuju Madinah untuk Kembali ke Tanah Air, Sabtu Esok

Tahap berikutnya, jamaah haji akan mulai masuk fase kepulangan. Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023, M. Subhan Cholid mengatakan, proses kepulangan jemaah haji Indonesia akan dimulai pada 4 Juli 2023.

“Jemaah haji Indonesia kelompok terbang (kloter) pertama akan dipulangkan ke Tanah Air mulai 4 Juli 2023. Penimbangan koper akan dilakukan dua hari sebelum keberangkatan jeamaah,” terang Subhan Cholid usai memimpin rapat persiapan kepulangan jemaah di Daker Makkah, Kamis (29/06/2023).

INFO HAJI 2024: Bus Shalawat Berhenti Operasi Jumat Dini Hari, Jemaah Diimbau Salat Jumat di Hotel

“Jadi 2 Juli 2023, sudah dilakukan penimbangan barang,” sambungnya.

Ada sejumlah ketentuan terkait barang bawaan yang harus dipahami para jemaah. Subhan meminta maskapai penerbangan, baik Garuda Indonesia maupun Saudia Airlines, masif melakukan sosialisasi.

INFO HAJI 2024: Puji Kinerja Petugas, Menag: Tetap Fokus, Urusan Politik, Saya yang Tanggung

“Selama ini, Kemenag sudah sejak awal memberikan pemahaman kepada jemaah tentang adanya ketentuan barang bawaan. Ada batas maksimal berat koper yaitu hanya 32 kg. Ada juga sejumlah barang yang dilarang untuk dibawa,” jelas Subhan.

“Karena ini ketentuan maskapai, saya minta pihak maskapai melakukan sosialisasi secara masif,” lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
img_title