INFO HAJI: Jemaah Haji Indonesia Nafar Awal Diberangkatkan Menuju Makkah

Keberangkatan Jamaah Haji Indonesia
Sumber :
  • https://kemenag.go.id/pers-rilis

Mina, WISATA: - Jemaah haji Indonesia yang memilih Nafar Awal (meninggalkan Mina pada 12 Zulhijah) mulai diberangkatkan menuju Makkah. Mereka akan melanjutkan tahapan haji berikutnya, yaitu Tawaf Ifadah.

INFO HAJI 2024: Check Point Lancar, 23 Ribu Jemaah Gelombang II Tiba di Madinah

Proses pemberangkatan dilakukan dalam dua waktu. Pada jadwal pagi, pemberangkatan berlangsung mulai pukul 05.00-09.00 waktu Arab Saudi (WAS), sedangkan jadwal berikutnya akan dilakukan dari jam 13.00 sampai 16.00 WAS.

Harun Al Arsyid, Kepala Satuan Operasi Armina, menjelaskan bahwa sekitar 50% dari jumlah jemaah haji Indonesia akan diberangkatkan pada Nafar Awal. Dengan rincian, 25% jemaah diberangkatkan pada jadwal pagi dan sisanya pada jadwal siang.

83 % Jemaah Haji Indonesia yang Wafat dalam Ibadah Haji Tidak Miliki Izin Resmi

"Panitia telah menyiapkan lima bus untuk setiap maktab. Jemaah akan diberangkatkan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan," kata Harun di Mina, Jumat (30/6/2023).

Bus-bus tersebut akan diparkir di depan pintu masuk setiap maktab, sehingga memudahkan jemaah untuk mengaksesnya. Harun juga meminta para ketua kloter untuk mengarahkan jemaah ke pintu maktab yang dituju.

INFO HAJI 2024: Sekali Lagi, Jangan Bawa Air Zamzam di Koper Bagasi, Bisa Kena Denda Rp25 Juta

"Harus sesuai dengan jadwal karena jika tidak sesuai, pihak Masyariq tidak akan mengangkut jemaah," tambahnya.

Pantauan di lapangan menunjukkan bahwa sejak pukul 05.00 WAS, jemaah yang diberangkatkan pada jadwal pagi sudah berkumpul di depan maktab. Petugas juga siap sedia untuk mengatur agar jemaah masuk ke dalam bus sesuai dengan maktabnya. Seluruh proses pengangkutan jemaah berlangsung dengan tertib.

Halaman Selanjutnya
img_title