INFO HAJI: Alhamdulilah, Kemacetan Terurai, Seluruh Jemaah Sudah Tinggalkan Muzdalifah

Muzdalifah pada Musim Haji 1443 H / 2022 M, Setahun Lalu
Sumber :
  • Christiyanto

Muzdalifah, WISATA Kemacetan di jalur Mina - Muzdalifah sudah terurai. Bus yang membawa jemaah haji lebih lancar sampai Muzdalifah sehingga mempercepat proses pemberangkatan.

"Alhamdulillah, kemacetan sudah terurai. Bus mulai membawa jemaah menuju Mina," terang Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hilman Latief selaku Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Muzdalifah, Rabu (28/06/2023).

INFO HAJI 2024: Tahun 2024, Jumlah Haji 1,8 Juta, 63% Berasal dari Asia

Muzdalifah pada Musim Haji 1443 H / 2022 M, Setahun Lalu

Photo :
  • Christiyanto

Hilman memantau langsung ke Muzdalifah untuk melihat kondisi jemaah haji. Ia juga ikut memberikan penjelasan kepada para jemaah, sekaligus meminta Mashariq untuk bisa segera menyelesaikan persoalan yang terjadi.

Ikut mendampingi, Direktur Bina Haji, Arsad Hidayat, Kasatop Armina, Harun Al Rasyid, Kabid Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), Hasan Affandi dan sejumlah petugas.

INFO HAJI 2024: Viral Video Jemaah Haji Wafat di Jalanan, Kemenag Bilang, Bukan dari Indonesia

"Sekitar jam 13.30 Waktu Arab Saudi semua jemaah haji Indonesia sudah naik bus menuju Mina," sambung Hilman.

Menurutnya, keterlambatan proses evakuasi terjadi antara lain karena kemacetan yang terjadi di jalur taraddudi (shuttle) bus yang mengantar jemaah dari Muzdalifah ke Mina. Jalur itu juga,  banyak dilalui oleh jemaah haji dari berbagai negara yang akan melakukan lontar jumrah setibanya di Mina, selain banyak pula jemaah haji yang memilih berjalan kaki. Hal itulah yang menjadi sebab penambahan kepadatan jalan raya.

"Jalur taraddudi sejak pagi dipadati bus yang antar jemput jemaah. Ditambah banyak juga jemaah yang memilih berjalan kaki. Kondisi ini menghambat pergerakan bus yang akan menjemput jemaah di Muzdalifah," sebutnya.

INFO HAJI 2024: Tok, Kuota Haji 2025 Indonesia Tahun Depan Berjumlah 221 Ribu

Keterlambatan pemberangkatan jemaah haji dari Muzdalifah, tidak hanya dialami Jemaah haji Indonesia. Jemaah dari sejumlah negara juga mengalami hal sama, antara lain Filipina dan Malaysia. "Hanya, Indonesia adalah jemaah terbanyak, sehingga paling terdampak," ujarnya.

Hilman memastikan saat ini kondisi di Muzdalifah sudah tertangani. Sampai Rabu siang sudah tidak ada lagi jemaah yang berada di Muzdalifah.

Halaman Selanjutnya
img_title