Peresmian Ramelan Chemotherapy Center Surabaya untuk Pelayanan Lebih Cepat

RSPAL dr. Ramelan Surabaya
Sumber :
  • rri.co.id

Surabaya, WISATA – Rumah Sakit Angkatan Laut (RSPAL) dr. Ramelan di Surabaya telah membuka Ramelan Chemotherapy Center (Pusat kemoterapi) yang khusus untuk pasien kanker. Pelayanan ini bertujuan untuk mengurangi waktu tunggu pelayanan kemoterapi di Jawa Timur. Sebelumnya, waktu tunggu kemoterapi kanker di Jatim bisa mencapai sekitar tiga bulan. Dengan adanya pusat kanker di RSPAL dr. Ramelan, diharapkan dapat mempercepat proses pelayanan.

Mungkinkah Data yang Sudah Diretas Kembali Normal Seperti Sebelumnya? Berikut Penjelasannya

Keberadaan Ramelan Chemotherapy Center berada di Lantai 3 Gedung Perawatan 5 Lantai dinilai mampu membantu pelayanan yang diberikan kepada pasien ataupun pendamping pasien. Walau baru saja soft opening yang dilakukan oleh Kepala RSPAL dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. Sujoko Purnomo, Sp.B. pada hari Senin (01/04/2024).

Kenyamanan pada layanan Ramelan Chemotherapy Center ini dibuktikan oleh seorang pasien penderita kanker usus besar yang telah menjalani kemoterapi untuk kelima kalinya. Mengingat sebelum di Lantai 3, letak ruang berada di Gedung belakang. Menurutnya Kehadiran pusat kemoterapi tersebut sangat membantu karena tidak jauh seperti dulu yang letaknya di bangunan belakang.

Belajar dari Kasus PDN, Pentingnya Pendidikan dan Investasi Cybersecurity

Pusat kemoterapi di RSPAL dr. Ramelan memiliki kapasitas 32 tempat tidur rawat inap dan 60 tempat tidur rawat jalan. Setiap tahun, sekitar 1.500 pasien menjalani perawatan kemoterapi di rumah sakit ini. Jenis kanker yang paling banyak diderita adalah kanker serviks dan kanker payudara. RSPAL dr. Ramelan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pasien kanker dengan fokus pada pengembangan kesehatan ibu dan anak.

Pencegahan kanker melibatkan pola hidup sehat, menghindari makanan yang mengandung bahan berbahaya, dan memperhatikan waktu istirahat yang cukup. Semua jenis makanan yang mengandung pengawet, pewarna, dan penyedap rasa sebaiknya dihindari. Selain itu, mengurangi paparan udara berbahaya dan menjaga keseimbangan pola tidur juga penting untuk mencegah kanker.

YOGYAKARTA: Isi Liburan Sekolah dengan Aneka Kreasi Bersama Perpustakaan Kota

Untuk diketahui RSPAL dr. Ramelan Surabaya dikabarkan memiliki program jangka panjang sebagai keberlanjutan Ramelan Chemotherapy Center yakni pengembangan Pusat Onkologi Satu Atap. Dengan tahapan renovasi gedung yang  akan segera dilaksanakan, mengingat sebagai komitmen rujukan Indonesia Timur  telah terdapat fasilitas penguat yaitu Radioterapi yang dilengkapi dengan 2 LINAC & 1 Brakiterapi, Tenaga Medis Profesional yaitu 4 dokter Bedah Onkologi, 1 orang Onko Ginec, 1 orang Onko Paru dan 1 orang Hemato Onko.

Alamat RSPAL dr. Ramelan:

Halaman Selanjutnya
img_title