INFO HAJI: Jemaah Haji yang Punya Penyakit Jantung Dipantau Ketat Petugas

Hati-hati Bagi Jemaah Haji yang Berisiko Penyakit Jantung
Sumber :
  • infopublik.id

Jakarta, WISATATingginya jumlah jemaah haji Indonesia lanjut usia (lansia) pada tahun 2023, menjadi perhatian Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi bidang kesehatan.

INFO HAJI 2024: Puncak Haji Kian Dekat, Ini Tips Antisipasi Gangguan Jantung Selama Berhaji

Salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian terbanyak adalah penyakit jantung.

Hingga hari ke-25 penyelenggaraan ibadah haji (18/06/2023), ada 42 dari 78 jemaah haji meninggal di Arab Saudi yang disebabkan oleh penyakit jantung.

INFO HAJI 2024: Hari Senin Pagi Ini, Jemaah Haji Mulai Bergeser dari Madinah ke Makkah, Bismillah...

Penyakit jantung dapat disebabkan oleh beberapa faktor risiko seperti usia dan penyakit komorbit

Penanggung jawab Medis Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah, Muhaimin Munizu mengatakan seseorang yang memiliki usia di atas 45 tahun pada laki-laki dan di atas 55 tahun pada wanita, berisiko terkena penyakit jantung.

5 Tanda Gejala Kolesterol Tinggi, Kenali agar Terhindar dari Bahayanya

“Dari segi usia, fenomena peningkatan jumlah jemaah haji lansia tahun ini, menjadi peringatan pada pemantauan pelayanan kesehatan terutama terkait penyakit jantung,” kata Muhaimin melalui keterangan resminya Minggu (18/06/2023).

Faktor risiko kedua, adalah penyakit komorbit seperti hipertensi, diabetes melitus, dan gangguan kolesterol yang dapat menimbulkan risiko terkena penyakit jantung. Melalui Kartu Kesehatan Jemaah Haji (KKJH) diketahui, banyak jemaah haji lansia memiliki penyakit penyerta tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title