INFO HAJI: Masa Tunggu 35 Tahun, 1.000 Warga Pasuruan Batalkan Berangkat Haji Tahun 2023

Tahun 2023, Nyaris 1.000 Warga di Pasuruan Batalkan Berangkat Haji
Sumber :
  • infopublik.id

Pasuruan, WISATA – Lebih dari 900 warga Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur memilih mengurungkan niat mereka berangkat haji sepanjang kurun waktu tahun 2023.

Penyebab utamanya, lantaran daftar tunggu yang cukup lama.

Apalagi, bila daftar sekarang, jamaah baru akan mendapatkan porsi atau berangkat haji 35 tahun kemudian.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag), Kabupaten Pasuruan, Syaikhul Hadi membenarkan hal tersebut.

Hampir setiap hari, jamaah yang mendaftar haji maupun yang membatalkannya juga selalu ada, meskipun jumlahnya masih banyak yang mendaftar, ketimbang yang membatalkan.

“Kami menerima kedatangan jamaah yang mendaftar maupun yang membatalkan niat mereka untuk berhaji. Ya meskipun banyak yang daftar, tapi tidak sedikit yang mengurungkan niatnya. Karena masa tunggu yang cukup (lama - red.) dan sebagai gantinya, para jamaah memilih untuk menggunakan uang pendaftaran tersebut untuk ibadah umrah,“ kata Syaikhul, Kamis (4/1/2024).

Dengan semakin banyaknya pembatalan daftar haji, Syaikhul meminta kepada para calon jemaah haji - khususnya yang telah mendapatkan porsi - untuk tidak tergesa-gesa membatalkan niatnya, karena haji tidak sama dengan umrah.

Syaikhul juga mengatakan, Kemenag akan terus melakukan sosialisasi, pihaknya juga meminta para jemaah untuk berpikir panjang dan menjadikan waiting list tersebut sebagai langkah ikhtiar sampai pada akhirnya mendapat giliran pada tahun pemberangkatan.

(Sumber: infopublik.id)

INFO HAJI: Pemberangkatan Gelombang Kedua Dimulai, Jemaah Diminta Kenakan Kain Ihram dari Embarkasi