Witan Sulaeman Jelaskan Perbedaan Haji dan Umrah kepada Pelatih Shin Tae-yong

Witan Sulaeman dalam laga Indonesia U-23 vs Jordania U-23
Sumber :
  • viva.co.id

Jakarta, WISATA - Witan Sulaeman, pemain andalan Timnas Indonesia, menjelaskan perbedaan antara ibadah haji dan umrah kepada pelatih Shin Tae-yong. Ini terjadi karena Witan harus absen dari sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 untuk menunaikan ibadah haji.

JAY IDZES: Tetiba, Media Italia Soroti Jay di Timnas, Ada Apa?

Diskusi Witan dan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong, pelatih asal Korea Selatan, sempat menahan Witan untuk tetap bersama Timnas Indonesia di sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Namun, Witan menjelaskan kepada pelatihnya bahwa ibadah haji berbeda dengan umrah dan tidak bisa ditunda.

SHIN TAE-YONG: PSSI Sampaikan Kabar Terbaru Soal Kontrak Bersama Timnas Indonesia, Ternyata...

"Awalnya, beliau (Shin Tae-yong) mungkin belum tahu tentang haji. Dia bilang apakah bisa ditunda dulu," ujar Witan Sulaeman saat diwawancarai di hotelnya di Makkah, seperti dikutip tvOnenews.com, Selasa (4/6/2024). Witan kemudian menegaskan kepada Shin Tae-yong bahwa dirinya tidak bisa bermain bersama Timnas Indonesia karena haji berbeda dengan umrah.

Penjelasan Witan tentang Haji dan Umrah

SHIN TAE-YONG: Respons Legenda Timnas Jika STY Batal Perpanjang Kontrak

Witan menjelaskan bahwa umrah dapat dilakukan kapan saja, tidak terikat waktu, dan bisa ditunda. Sebaliknya, ibadah haji memiliki ketentuan waktu yang ketat dan tidak bisa ditunda. Hal ini berdampak pada masa tunggu yang sangat lama bagi jamaah haji di Indonesia.

"Mungkin dia (Shin Tae-yong) pikirnya seperti umrah. Saya jelaskan kalau umrah bisa ditunda kapan saja. Namun, haji ini berbeda dan menunggunya sangat lama," tutur Witan.

Halaman Selanjutnya
img_title