Gunung Lewotobi di Flores Timur Mengalami Peningkatan Aktivitas Vulkanik, BPBD Bergerak Cepat

Gunung Lewotobi
Sumber :
  • IG/ceklissatu

Jakarta, WISATA – Pasca erupsi pada Desember 2023 yang lalu, teramati adanya rekahan di Gunungapi Lewotobi Laki-Laki di sebelah barat laut puncak sepanjang 160 meter dan mengeluarkan asap putih tebal tinggi 300 meter. Gunung Lewotobi laki-laki yang berada di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, terus menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik.

Lempeng Tektonik, Pengaruhnya terhadap Gempa Bumi dan Vulkanisme

Hasil evaluasi yang dilakukan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) per 1 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024, teramati asap kawah utama berwarna putih, kelabu dan hitam dengan intensitas sedang hingga tebal tinggi sekitar 100-800 meter dari puncak.

Dari pengamatan instrumental, telah terjadi 5 kali gempa letusan/erupsi, 44 kali gempa hembusan, 3 kali harmonik, 1 kali gempa tremor non-harmonik, 7 kali gempa tornillo, 20 kali gempa vulkanik dangkal, 113 kali gempa vulkanik dalam, 42 kali gempa tektonik lokal, 79 kali gempa tektonik jauh dan gempa tremor menerus dengan amplitudo maksimal 2-5.1 mm dominan 3.7 mm.

Gunung Semeru Erupsi 14 Kali dalam Sehari, Warga Diminta Tetap Waspada

 

Lokasi Gunung api Lewotobi

Photo :
  • IG/renatomartins_1978
348 Kali Gempa Hembusan Terjadi di Puncak Gunung Ile Lewotolok

Pada 1 Januari 2024 pukul 00.03 WITA terjadi peningkatan gempa tremor menerus dengan amplitudo mencapai 7 mm. Atas dasar itu, PVMBG kemudian menaikkan status gunung menjadi level III atau 'Siaga' dengan rekomendasi masyarakat dilarang melakukan aktivitas dalam radius 3 km dari pusat erupsi.

Sebagai langkah antisipasi dan penanganan dampak erupsi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Flores Timur bergerak cepat turun ke lapangan untuk pemantauan, kaji cepat, dan mendirikan tenda pengungsi. Petugas juga menyerahkan logistik maupun pembagian masker dan selimut kepada masyarakat termasuk membersihkan jalan dari sebaran abu vulkanik menggunakan mobil tangki air.

Halaman Selanjutnya
img_title