Kritik Tajam Anies Baswedan terhadap Pembangunan IKN: "Tujuan dan Langkah Tidak Nyambung"

Anies Baswedan di Kampus UMS
Sumber :
  • Tvonenews.com

Solo, WISATA - Capres nomor urut 1 Anies Baswedan mempertanyakan keberlanjutan tujuan pemerintah dalam membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Menurut Anies, upaya membangun kota baru untuk mencapai pemerataan tidak akan memberikan hasil yang diinginkan.

Sudirman Said Minta Dukungan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta: "Minta Balas Budi"

"Dengan membangun satu kota baru di tengah hutan, kita sebenarnya menciptakan ketidakseimbangan baru. Langkah ini tidak sejalan dengan tujuan untuk memeratakan Indonesia," ungkap Anies dalam dialog di kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada Rabu (22/11/2023).

Anies lebih lanjut menyarankan agar pememerataan dilakukan dengan membangun kota kecil menjadi kota menengah, dan kemudian mengembangkan kota menengah tersebut menjadi kota besar di berbagai wilayah Indonesia.

KAGAMA BEKSAN JABODETABEK: Tampilkan Tiga Tarian Nusantara di Acara Peringatan Hari Tari se-Dunia

"Penting untuk mengevaluasi langkah-langkah yang diambil, karena membangun satu kota tidaklah cukup. Kita harus memperbesar semua kota yang sudah ada di Indonesia agar mencapai tujuan pemerataan yang diinginkan," tambahnya.

Anies menekankan perlunya penilaian yang serius terhadap proyek IKN. Baginya, pembangunan ini harus mengarah pada Indonesia yang setara dan merata. Kritik tajam Anies Baswedan ini menjadi sorotan dalam dialog di UMS, menciptakan debat seputar arah pembangunan nasional.

Cak Imin: Koalisi Perubahan Selesai, Namun Kerjasama Tetap Terbuka

Artikel ini sudah tayang di tvonenews.com pada hari Rabu, 22 November 2023 - 20:39 WIB Judul Artikel : Kritik Pembangunan IKN, Anies: Tujuan dan Langkah yang Dikerjakan Gak Nyambung Link Artikel : https://www.tvonenews.com/daerah/jateng/168733-kritik-pembangunan-ikn-anies-tujuan-dan-langkah-yang-dikerjakan-gak-nyambung Oleh : Reporter : Tim TvOne, Effendi Rois Editor : Budi Zulkifli