INFO HAJI: Layanan Bus Salawat Berhenti Sementara

Subhan Cholid
Sumber :
  • https://kemenag.go.id/pers-rilis

WISATA – Makkah (Kemenag), Layanan transportasi Bus Shalawat telah disiapkan oleh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H untuk Daerah Kerja (Daker) Makkah. Layanan ini dirancang khusus bagi jemaah haji Indonesia yang berada di Makkah sejak awal bulan Juni 2023.

INFO HAJI 2024: Bus Shalawat Berhenti Operasi Jumat Dini Hari, Jemaah Diimbau Salat Jumat di Hotel

Bus Shalawat merupakan sarana transportasi yang menyediakan perjalanan jemaah dari hotel tempat mereka menginap menuju Masjidil Haram, baik saat pergi maupun pulang. Layanan ini beroperasi selama 24 jam guna memenuhi kebutuhan transportasi jemaah.

Namun, menjelang puncak haji, operasional Bus Shalawat akan dihentikan sementara. Ketua PPIH Arab Saudi, Subhan Cholid, mengungkapkan, "Mulai tanggal 6 hingga 13 Zulhijjah, layanan Bus Shalawat akan dihentikan sementara." Pada periode ini, jemaah diimbau untuk fokus beribadah di musalla hotel masing-masing dan mempersiapkan diri secara fisik, mengingat cuaca yang panas.

INFO HAJI 2024: Armuzna Usai, Bus Shalawat Kembali Beroperasi Layani Jemaah Haji, 183 Jemaah Wafat

Subhan menjelaskan bahwa mulai tanggal 6 Zulhijjah, armada bus akan disiapkan untuk melayani transportasi jemaah menuju Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Jemaah dijadwalkan berangkat ke Arafah pada tanggal 8 Zulhijjah, dan pada tanggal 13 Zulhijjah, mereka akan kembali dari Mina ke hotel masing-masing di Makkah.

"Layanan Bus Shalawat akan kembali beroperasi mulai tanggal 14 Zulhijjah 1444 H hingga 6 Muharram 1445 H," tambahnya.

INFO HAJI 2024: Hari Minggu, Seluruh Jemaah Haji Indonesia Dijadwalkan Sudah Berada di Mina

PPIH Arab Saudi telah menyiapkan 450 armada bus untuk melayani Bus Shalawat. Terdapat tiga terminal pemberhentian, yaitu Ajyad, Mahbas Jin, dan Syib Amir. Jemaah haji Indonesia yang tinggal di kawasan Misfalah akan berhenti di Terminal Ajyad saat menuju Masjidil Haram, begitu pula saat pulang. Sementara itu, jemaah yang tinggal di wilayah Jarwal, Raudhah, dan Syisah akan menggunakan Terminal Bus Syib Amir. Terminal Bab Ali akan menjadi pemberhentian bagi jemaah yang berada di Mahbas Jin.

Tahun ini, PPIH juga telah mempersiapkan bus ramah lansia untuk rute terminal Ajyad (Misfalah) dan Syib Amir (Jarwal, Raudhah, dan Syisah). Subhan menjelaskan, "Alhamdulillah, semua rute di Syib Amir dan Ajyad sudah dilengkapi dengan bus ramah lansia. Adapun rute terminal Mahbas Jin, merupakan jalur internasional. Bus pada jalur ini juga digunakan oleh jemaah dari berbagai negara secara bersama-sama."

Halaman Selanjutnya
img_title