Simulasi Penanggulangan Potensi Penyakit Pastikan Wisata Prioritas Labuan Bajo Aman dari Wabah

Labuan Bajo
Sumber :
  • IG/jelajahwisatalabuanbajo

WISATA – Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk memastikan wilayah destinasi wisata prioritas aman bagi wisatawan, termasuk dari sisi kesehatan. Hal ini diwujudkan melalui simulasi kesiapsiagaan penanggulangan penyakit berpotensi wabah demam kuning (yellow fever). Di pelabuhan Labuan Bajo Sabtu, 28 Oktober 2023 dikutip dari infopublik.id

Kemenparekraf dan TikTok Kolaborasi Kembangkan UMKM melalui Program “Jalin Nusantara”

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu mengatakan bahwa simulasi ini dilakukan untuk mengecek dan mengevaluasi apakah di lapangan bisa berpotensi wabah atau tidak. Berkolaborasi dengan lintas sektor terkait, Kemenkes pastikan destinasi wisata super prioritas itu siap menyambut datangnya para wisatawan dengan aman dan nyaman. Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) selaku pemeran utama bertugas untuk mendeteksi faktor-faktor risiko emerging.

Selain KKP sebagai penjaga pintu masuk negara, sejumlah sektor lain seperti TNI, POLRI, LAKESPRA, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat turut berupaya dalam menjaga sistem ketahanan kesehatan di Indonesia. Kemenkes juga menggandeng kantor pelabuhan Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP), juga menggandeng TNI AU untuk mengevakuasi termasuk imigrasi dan kepolisian yang berperan jika terjadi chaos ketika ada penolakan di masyarakat.

Event Berkelas Dunia Hadir di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas pada Tahun 2024

Peran pemerintah daerah juga sangat penting karena prosedur yang dilakukan sesudah pelaksanaan karantina pintu masuk adalah karantina wilayah. Begitu pasien dirujuk ke rumah sakit atau puskesmas maka kewenangan ada di pemerintah daerah. Hal ini untuk memastikan proses evakuasi berjalan dengan lancar. Simulasi ini, kata Maxi merupakan penguatan surveilans dan dilakukan di pintu masuk negara di pelabuhan. Ia mengingatkan masyarakat bahwa potensi terjadinya wabah penyakit tidak bisa dihindari. Menurutnya, semakin terbukanya transportasi dan perubahan lingkungan sangat memungkinkan terjadinya mutasi virus yang menimbulkan berbagai penyakit. Namun dengan kesiapsiagaan, semua itu dapat diatasi dengan baik.

Labuan Bajo

Photo :
  • IG/jelajahwisatalabuanbajo
Potensi Perikanan Labuan Bajo Menjadi Andalan Ekspor ke Malaysia dan Singapura

Sementara itu Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemenkes karena turut andil dalam membangun sektor kesehatan yang fundamental. Menurutnya, dalam momen ini Kemenkes sekaligus meyakinkan para warga termasuk para wisatawan bahwa Labuan Bajo merupakan destinasi wisata yang aman dan nyaman untuk dikunjungi.

Halaman Selanjutnya
img_title