BREAKING NEWS: Gempabumi Tektonik M5,3 di Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera, Simeulue, Aceh

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)
Sumber :
  • BMKG

Simeulue, Aceh, WISATA -  Minggu 24 September 2023 pukul 08.27.33 WIB, wilayah Pantai Tenggara Simeulue, Aceh, dikejutkan oleh gempa tektonik yang signifikan. Berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempabumi ini memiliki parameter terbaru dengan magnitudo M5,1. Episenter gempabumi terletak di koordinat 1,86° LU; 96,83° BT, di laut dengan jarak 75 Km arah Barat Laut Nias Utara, Sumatera Utara, pada kedalaman 31 km.

Prakiraan Cuaca Daerah Istimewa Yogyakarta, Tanggal 2 Juli 2024

Dengan mempertimbangkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi ini termasuk dalam jenis gempabumi dangkal yang disebabkan oleh aktivitas subduksi lempeng. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempabumi ini menyebabkan guncangan di beberapa daerah, termasuk Teupah Selatan, Simeulue, Pulau Banyak Barat, Aceh Singkil, dengan skala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah). Daerah Lahewa, Nias Utara, juga merasakan guncangan dengan skala intensitas III - IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah). Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang disebabkan oleh gempabumi ini. Pemodelan gempabumi menegaskan bahwa TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.

Prakiraan Cuaca Kota Serang, Banten, Tanggal 2 Juli 2024

Hingga pukul 08.39 WIB, hasil pemantauan BMKG tidak mencatat adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Untuk menghindari risiko, pastikan untuk berada di bangunan yang cukup tahan gempa dan aman dari kerusakan akibat getaran gempa. Periksa dan pastikan bahwa bangunan tempat tinggal Anda tidak mengalami kerusakan yang dapat membahayakan kestabilan sebelum Anda kembali ke dalam rumah.

Prakiraan Cuaca Kota Denpasar, Bali, 2 Juli 2024

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG dan disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi seperti Instagram/Twitter @infoBMKG, website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.