PADANG: Tinta Gambir Hasil Riset Unand untuk Pemilu 2024, Resmi Dilepas ke 35 Provinsi di Indonesia

Tinta Gambir untuk Pemilu 2024, Dilepas ke 35 Provinsi di Indonesia
Sumber :
  • infopublik.id

Padang, WISATAUniversitas Andalas (Unand) secara resmi melepas pengiriman pertama tinta pemilu hasil riset Unand yang akan dikirim ke 35 provinsi di Indonesia.

Pelepasan tersebut dilakukan oleh Rektor Unand, Profesor Yuliandri didampingi Direktur PT. Kudo Indonesia Jaya, Eko Santiko dan Prof. Amri Bachtiar pada kegiatan Dies Natalis ke-67 Unand di Convention Hall, Kampus Limau Manis, Rabu (13/9/2023).

Rektor Unand, Yuliandri mengatakan, Unand bekerja sama dengan PT. Kudo Indonesia Jaya berhasil memenangkan tender untuk pengadaan tinta pemilu yang akan dipakai di enam zona (35 dari 38 provinsi yang ada di Indonesia).

"Ada sebanyak 981 ribu botol tinta pemilu yang akan digunakan pada pemilu tahun 2024, baik untuk pilpres, pileg maupun pilkada. Jadi hampir satu juta botol tinta yang akan disebar di TPS," ungkap Prof. Yuliandri.

Rektor menyatakan Unand siap menjadi pemasok bahan baku utama tinta, yaitu Gambir Cube, bekerja sama dengan PT. Kudo Indonesia Jaya sebagai mitra produsen tinta.

Kerja sama yang dijalin, memberi manfaat bagi Universitas Andalas sebagai PTN Berbadan Hukum dalam bentuk perjanjian lisensi atas kekayaan intelektual yang digunakan untuk menghasilkan tinta organik untuk Pemilu tersebut.

Hal ini menjadi suatu contoh sinergi yang sangat baik, dimana suatu institusi Pendidikan Tinggi dan dunia usaha, bekerja sama untuk menghasilkan suatu produk inovatif yang menitikberatkan pada pemanfaatan sumber daya alam Indonesia, yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya para petani.

Lebih lanjut, Prof. Yuliandri mengatakan, Universitas Andalas bersama PT. Kudo sebagai penyedia produsen tinta berupaya meningkatkan nilai tambah dari sumber daya alam yang ada di Indonesia, khususnya gambir, untuk menjadi produk yang memiliki daya saing dan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat pada umumnya dan petani pada khususnya.

Prof. Yuliandri juga menyebutkan keunggulan tinta organik gambir jika dibandingkan dengan jenis tinta pada umumnya, yaitu ramah lingkungan, aman bagi kulit serta eco-friendly dan halal.

"Kualitas dari tinta organik gambir ini, juga sudah lolos melewati berbagai uji coba penelitian di Unand," Prof. Yuliandri.

(Sumber: infopublik.id)

Mengenal Pudak dan Jenang Jubung, Oleh-oleh Khas Gresik yang Ramah Lingkungan