INFO HAJI: "Haji....Haji...Thariq...Thariq," Teriak Para Askar Itu

Jemaah Haji sedang Menunggu Waktu Waktu Salat di Masjid Nabawi
Sumber :
  • Andri Kusumawardhana

WISATA, Makkah - Bagi jemaah haji, kata-kata “Haji....Haji...Thariq...Thariq” adalah kata-kata yang tidak asing di telinga.

INFO HAJI 2024: Gelombang II Jemaah Haji Mulai Bergeser ke Madinah

Kata-kata itu seringkali meluncur dari mulut Askar yang sedang mengusir jemaah haji yang akan salat di bagian jalan atau bergerombol di jalan yang menghalangi jemaah haji lainnya di sekitar Masjid Nabawi

Tidak hanya itu, Askar juga mengawasi para jemaah haji yang berziarah ke Raudhah. Kalau ada jemaah haji yang mengusap-usap dinding atau pagar makam Nabi, mereka pun mengusirnya.

INFO HAJI 2024: Bus Shalawat Berhenti Operasi Jumat Dini Hari, Jemaah Diimbau Salat Jumat di Hotel

"Haji....musyrik....musyrik....," bentaknya. Tidak jarang Askar dengan para jemaah haji saling bersitegang.

Begitu pun, ketika antrean menuju Raudhah.  Waktu itu, ketika saya dan para jemaah haji lainnya dari berbagai negara antre panjang dan berdesakan untuk masuk Raudhah, serombongan jemaah dengan pakaian seperti para pejabat yang dipimpin oleh seorang yang berpakaian jubah - seperti ulama dari Iran, masuk di jalur lansia dengan tenang.

INFO HAJI 2024: Prosesi di Mina Sudah Usai, Pulihkan Fisik Sebelum Tawaf Ifadhah, Sa'i, dan Wada

Saya dan mungkin juga para jemaah haji lainnya sempat berpikir, enak sekali rombongan itu. Mungkinkah mereka itu tamu khusus, sehingga mereka dengan mudah menerobos antrean? 

Sesampai mereka di ujung antrean, mereka dihalau Askar untuk kembali lagi. Antre seperti jemaah haji lainnya. Mereka pun, akhirnya kembali dan tak kuasa menutupi rasa malunya.

Halaman Selanjutnya
img_title