LIPUTAN INTI-2023 Indonesia Internet Expo & Summit 2023 Ditutup dengan Ragam Capaian

Zulfadly Syam Sekjen APJII dalam Drafting DIALS 2023
Sumber :
  • Handoko

Jakarta, WISATA - Gelaran Indonesia Internet Expo & Summit (IIXS-2023) telah resmi ditutup pada tanggal 12 Agustus. Acara yang dihelat di Hall D JI-Expo Kemayoran Jakarta ini,  berhasil mencuri perhatian sebagai pameran teknologi internet terbesar di Indonesia.

AI Generatif, Pemain Baru di Dunia Desain dan Media

Melalui laporan dari panitia penyelenggara, tercatat 265 stan dari dalam dan luar negeri mengikuti pameran ini, menampilkan beragam industri baik di sektor jasa maupun manufaktur, dari hulu hingga hilir. Bahkan, beberapa organisasi profesi dan asosiasi ikut serta sebagai peserta. Di antaranya, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang menonjolkan kehadirannya dengan stan megah dan mengundang perhatian dengan delapan stand pengurus wilayah yang mengelilingi stand pengurus pusat.

Tujuan awal dari IIXS-2023 yang digagas oleh APJII adalah menarik lebih dari 10.000 peserta. Dan hasilnya, acara ini mampu mengumpulkan sekitar 10.652 peserta yang terdaftar berdasarkan konfirmasi kehadiran melalui email panitia. Bahkan, identitas peserta dapat tercatat berdasarkan alamat domain lembaga atau perusahaan yang diwakilinya.

APJII: Memacu Pertumbuhan Ekosistem Data Center Nasional untuk Masa Depan Digital

Acara ini turut menampilkan lebih dari 200 pembicara dalam berbagai format seperti panggung seminar, diskusi panel, podcast, dan presentasi tunggal keynote speech. Dari beragam latar belakang pembicara, termasuk CEO, Chairman, perwakilan lembaga pemerintah, perusahaan, dan asosiasi, memberikan sudut pandang yang kaya atas perkembangan teknologi internet.

Pada IIXS-2023, dialog di forum Digital Industry Association Leaders Summit (DIALS) berhasil merumuskan Resolusi DIALS 2023 “Revitalizing Indonesia's Digital Landscape: Uniting for Inclusive Economic Growth” sebuah resolusi sebagai platform kolaborasi, dukungan dan kolaborasai antara asosiasi, peningkatan literasi dan  dukungan infrastruktur digital, serta inovasi dan ekosistem digital

APJII Dorong Penguatan Infrastruktur Data Center untuk Ketahanan Digital Indonesia

 

Salah satu momen penting lainnya adalah wacana yang diusulkan oleh Zulfadly Syam, Sekretaris Jenderal APJII, terkait batas bawah tarif internet. Wacana ini telah memicu beragam tanggapan, baik pro maupun kontra, dari pelaku industri dan masyarakat umum.

Halaman Selanjutnya
img_title