LIPUTAN INTI-2023: AI Innovation Summit 2023, Demokratisasi Kecerdasan Buatan Jadi Fokus Utama

Artificial Intelligence Innovation Summit 2023
Sumber :
  • Handoko

Jakarta, WISATA - Kolaborasi Riset dan Inovasi Kecerdasan Buatan (KORIKA) dan Center for Technology dan Innovation Studies (CTIS) dengan bangga mengumumkan pelaksanaan AI Innovation Summit 2023 (AIIS-2023), yang dijadwalkan berlangsung dari tanggal 10 hingga 12 Agustus 2023. Acara ini akan diadakan dalam format hybrid, menggabungkan partisipasi tatap muka dan online, guna memastikan aksesibilitas yang lebih luas. Bagian offline dari acara ini akan dihelat di JI-Expo Kemayoran Jakarta.

Peluang Starlink Mengcapture SDA dan Pertahanan di Indonesia dari Satelit yang Mereka Gunakan

Dengan mengusung tema "Democratizing Artificial Intelligence For All" AIIS-2023 bertujuan untuk memberdayakan individu, organisasi, dan komunitas melalui praktik kecerdasan buatan yang mudah diakses dan etis. Tema ini merefleksikan visi untuk mengatasi hambatan, mengurangi kesenjangan digital, dan memastikan bahwa manfaat dari kecerdasan buatan tersebar secara adil dan inklusif.

Panitia AIIS-2023 menekankan fokus utama pada penutupan kesenjangan antara perkembangan teknologi kecerdasan buatan dan distribusi manfaatnya yang merata dan inklusif. Konsep demokratisasi kecerdasan buatan berupaya menciptakan arena yang setara, di mana setiap individu, tanpa memandang latar belakang atau sumber daya mereka, memiliki peluang untuk memanfaatkan potensi kecerdasan buatan guna pertumbuhan pribadi dan kemajuan masyarakat. Ini memerlukan pendekatan yang merata dalam akses terhadap pendidikan, alat, dan sumber daya kecerdasan buatan, yang memungkinkan individu untuk mengembangkan literasi dan keterampilan dalam menghadapi perubahan pesat dalam teknologi.

Memahami Tes Turing, Tes Kemampuan Mesin Artificial Intelligence dalam Meniru Kecerdasan Manusia

Selain itu, tema ini juga menyoroti dimensi etis dari demokratisasi kecerdasan buatan. Ini mencakup pengembangan dan penerapan sistem kecerdasan buatan yang transparan, dapat dipertanggungjawabkan, dan tidak memihak. Pertimbangan etika menjadi sangat penting dalam menangani isu-isu seperti keadilan algoritmik, perlindungan privasi, dan upaya untuk menghindari penguatan bias atau diskriminasi yang tidak diinginkan.

Rangkaian acara AIIS-2023 meliputi beragam sesi, termasuk Main Stage Conference pada hari pertama, Fireside Chat di KORIKA Pavilion pada hari kedua, dan Fireside Chat di KORIKA pada hari ketiga. Pembukaan acara akan disampaikan oleh Komite Penyelenggara AIIS2023, Prof. Dr. Ir. Hammam Riza, M.Sc., IPU, dengan pidato kunci dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Dr. (HC) Ir. Airlangga Hartarto, MBA, MMT, serta para pemangku kepentingan lainnya.

Acer Luncurkan Laptop Bisnis TravelMate dan Chromebook Plus Enterprise dengan Teknologi AI

AIIS-2023 diintegrasikan secara paralel dengan lima agenda lainnya, termasuk Indonesia Internet Expo and Summit 2023 (IIXS 2023), Nusantara Data Center & Cloud Summit (NDCC 2023), Indonesia Digital Technology Expo (IDTEx), Industrial Transformation Indonesia, dan Indonesia Drone Expo (IDE), dalam rangkaian Indonesia Technology Innovation 2023 (INTI-2023).