Penghargaan Gulbenkian Prize for Humanity ke-4 dari Portugal untuk Komitmen Perlindungan Hutan

Apai Janggut
Sumber :
  • IG/kamisungaiutik

WISATA – Ketua Masyarakat Adat Dayak Iban Sungai UtikApai Janggut telah menerima penghargaan Gulbenkian Prize for Humanity ke-4 dari Yayasan Calouste Gulbenkian Lisabon, Portugal. Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi bagi mereka yang menunjukkan komitmen luar biasa terhadap aksi lokal dan gerakan berbasis masyarakat, yang mendukung perlindungan hutan dan restorasi ekosistem.

Studi Baru di Portugal Indikasikan bahwa Mumifikasi di Eropa Lebih Tua dari Perkiraan Sebelumnya

Dilansir dari kemlu.go.id, ada tiga pemenang yang ditetapkan dalam kegiatan tersebut. Kedua pemenang lainnya adalah dari Kamerun dan Brazil.

Penghargaan ini diberikan oleh António Feijó, Presiden Yayasan Gulbenkian dan Angela Merkel, Ketua Juri Gulbenkian Prize for Humanity, dalam acara yang dihadiri oleh Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa dan PM Portugal Antonio Costa, minggu yang lalu. Turut hadir juga di acara tersebut Rudy Alfonso, Duta Besar RI untuk Portugal.

Wisata Backpacker: Bagaimana Menjelajahi Dunia dengan Anggaran Terbatas

Apai Janggut - penerima penghargaan

Photo :
  • IG/kamisungaiutik

Menurut Apai Janggut, hutan adalah sumber hidup yang sudah diturunkan oleh leluhur sejak dulu. Menjaga hutan adalah bagian dari budaya masyarakat adat Dayak Iban. Karena di dalam hutan tersebut terdapat ladang, tanaman obat, sungai, kuburan keramat leluhur yang sudah meninggal yang harus dijaga." Apai Janggut juga menyampaikan rasa bangganya karena aksi lokalnya bermanfaat bagi dunia.

Prakiraan Cuaca Kota Makassar Sulawesi Selatan, Tanggal 3 Juli 2024

Para pemenang menerima hadiah yang ditujukan untuk mendukung dan melanjutkan kegiatan yang sudah dilakukan, agar dapat meningkatkan aksi kerja mereka bagi restorasi ekosistem dan upaya mengatasi isu perubahan iklim, baik di tingkat tapak, nasional maupun global.

Halaman Selanjutnya
img_title