Intel dan Masa Depan Siaran Langsung 8K di Olimpiade Paris 2024

Konten Visual Berkualitas Tinggi dengan Server dan PC Berbasis Intel
Sumber :
  • Intel

Jakarta, WISATA - Menonton olahraga favorit di Olimpiade langsung dari kenyamanan rumah dengan resolusi video 8K mungkin terdengar seperti mimpi. Namun, di Olimpiade Paris 2024, Intel akan menunjukkan bahwa visi ini telah menjadi kenyataan berkat kolaborasi jangka panjang antara Intel, Olympic Broadcasting Services (OBS), dan beberapa penyiar serta mitra di seluruh dunia.

AI Generatif: Ketika Mesin Mulai Berkarya di Industri Hiburan dan Pemasaran

Ravindra (Ravi) Velhal, ahli strategi teknologi konten global dan pemimpin 8K di Software and Advanced Technology Group di Intel, menjelaskan dampak aktivasi kecerdasan buatan yang dipimpin Intel di Olimpiade Paris 2024. Sebagai Mitra Platform AI Resmi Seluruh Dunia untuk Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024, Intel akan memperkenalkan pengalaman AI baru yang inovatif berdasarkan perangkat keras dan perangkat lunak perusahaan yang memungkinkan keterlibatan generasi berikutnya bagi penggemar, penyelenggara, atlet, dan pemirsa di seluruh dunia.

Teknologi Siaran 8K Intel

Pembuatan Konten di Era AI: Lebih Cepat, Personal, dan Imersif!

Sepanjang Olimpiade Paris 2024, server siaran yang dioptimalkan AI akan menyandikan dan memampatkan sinyal langsung 8K yang diproduksi OBS dan kemudian dikirimkan kepada pemegang hak media terpilih di internet terbuka. Server ini didukung oleh prosesor Intel® Xeon® Generasi ke-5 terbaru (Emerald Rapids) dan prosesor Intel® Xeon® Generasi ke-4 (Sapphire Rapids) dengan akselerator AI Intel® (AMX) serta teknologi Deep Learning Boost. Teknologi ini memungkinkan kompresi data dari umpan mentah langsung berukuran 48 gigabit per detik (Gbps) menjadi streaming langsung berkemampuan VVC berukuran 40 hingga 60 megabit per detik (Mbps) – rasio kompresi 1.000 kali – dalam waktu kurang dari 400 milidetik.

Siaran 8K over-the-top (OTT) itu kemudian akan dikirimkan oleh OBS di seluruh dunia ke TV 8K yang terhubung ke PC berkemampuan Intel terbaru. Intel memiliki sejarah panjang di ruang ini, bermitra dengan OBS, penyiar, dan penyedia teknologi untuk mendukung OBS dalam menyiarkan langsung 416 jam konten Olimpiade langsung dan rekaman serta memproses 4,7 petabyte data di Olimpiade Tokyo 2020 – sekitar 333 kali volume semua data yang disimpan di Perpustakaan Kongres AS.

Peluncuran IMDI 2024: Mengakselerasi Pengembangan Talenta Digital Indonesia

Pengalaman Baru dalam Siaran 8K

Olimpiade Paris 2024 akan menjadi demonstrasi langsung pertama di dunia dari pengalaman streaming langsung VVC 8K end-to-end yang memanfaatkan CPU Xeon Generasi ke-5 Intel untuk menyandikan dan CPU klien berbasis Intel serta GPU Arc untuk memecahkan kode. Ini menyediakan jalur untuk masa depan latensi rendah, streaming langsung 8K tingkat siaran melalui internet. Proses mendapatkan konten langsung 8K dari stadion Olimpiade di Paris ke TV berkemampuan 8K di sisi lain planet ini sangat kompleks dan diaktifkan oleh konstelasi teknologi perangkat keras dan perangkat lunak Intel.

Halaman Selanjutnya
img_title