AI Commentary Tingkatkan Pengalaman Penggemar Wimbledon dengan IBM Watsonx

IBM, Wimbledon, dan kekuatan watsonx
Sumber :
  • IBM

Jakarta, WISATA - Wimbledon, turnamen tenis bergengsi yang menampilkan ratusan pertandingan di 18 lapangan, terus berinovasi untuk meningkatkan pengalaman penggemarnya. Melalui kolaborasi dengan IBM, Wimbledon telah menambahkan komentar lisan berbasis AI pada cuplikan sorotan video dari setiap pertandingan tunggal selama acara berlangsung. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman penggemar.

Menkominfo Budi Arie Setiadi: Sovereign AI sebagai Pilar Kedaulatan Digital Indonesia

Untuk mencapai tujuan ini, tim IBM Consulting membangun solusi AI generatif berdasarkan model dasar yang dikembangkan menggunakan watsonx. Watsonx dirancang untuk mengelola seluruh siklus hidup model AI, mulai dari mengkurasi sumber data tepercaya hingga mengatur AI yang bertanggung jawab dan tepercaya. Pekerjaan dimulai dengan IBM watsonx.data, sebuah penyimpan data yang menghubungkan berbagai sumber yang berbeda dan memungkinkan para pengembang untuk menyaring data dari konten yang tidak sesuai, seperti kata-kata kotor, ujaran kebencian, atau informasi identifikasi pribadi. Untuk AI Commentary, tim mengambil materi sumber dari hampir 130 juta dokumen.

Data ini digunakan untuk melatih model bahasa besar di dalam IBM watsonx.ai, sebuah studio generasi berikutnya untuk membangun dan melatih model AI generatif untuk berbagai contoh penggunaan bisnis. Tim IBM kemudian menyempurnakan model tersebut dengan menambahkan keahlian domain khusus Wimbledon, termasuk penggunaan nomenklatur Wimbledon yang unik seperti "gentlemen's draw" dan bukan "men's draw". Model akhir memiliki tiga miliar parameter, dan tim memantau kinerja yang sedang berlangsung menggunakan alat tata kelola dari IBM watsonx.governance, memastikan model bekerja seperti yang diharapkan.

Pentingnya Ekosistem Smart Machine & Robotics dalam Transformasi Industri 4.0

Sebagai hasilnya, para penggemar dapat menikmati komentar lisan yang dihasilkan AI pada cuplikan sorotan Wimbledon melalui aplikasi dan situs web Wimbledon, mendengarkan narasi permainan demi permainan untuk awal dan akhir setiap cuplikan, serta poin-poin penting dalam sebuah pertandingan. Penggemar juga dapat mengaktifkan teks takarir untuk lebih meningkatkan aksesibilitas, yang merupakan pertimbangan utama bagi AELTC.

Inovasi Berkelanjutan dalam Teknologi

Transformasi Ekonomi: Kunci Indonesia Menjadi Negara Maju 2045

Untuk mengembangkan kemampuan baru seperti AI Commentary setiap tahun, AELTC perlu bergerak dengan cepat dan terarah. Hal ini membutuhkan perpaduan antara orang, proses, dan teknologi yang tepat untuk memfasilitasi inovasi yang cepat.

Kolaborasi jangka panjang antara tim Wimbledon dan para pakar di IBM Consulting menjadi kunci dalam menemukan keselarasan dalam bidang-bidang yang diminati, menghasilkan visi gabungan tentang bagaimana penggemar akan berinteraksi dengan produk di masa depan. "Kami bekerja sama untuk menemukan keselarasan dalam bidang-bidang yang diminati, menghasilkan visi gabungan tentang bagaimana para penggemar akan berinteraksi dengan produk kami di masa depan," kata Clements. "Semangat gabungan dalam memberikan pengalaman dengan kualitas terbaik meningkatkan kemitraan kami dan memastikan kami dapat memanfaatkan peluang yang ada di depan mata."

Halaman Selanjutnya
img_title