Umat Muslim Kembali Merayakan Hari Raya Iduladha, di Gunung Larang Terasa Khidmat dan Meriah

Idhul Adha di Mesjid Al-Hidayah Gununglarang
Sumber :
  • Handoko/Istimewa

Brebes, WISATA - Hari ini, umat Muslim di seluruh belahan dunia kembali merayakan Hari Raya Iduladha, yang juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban. Iduladha merupakan salah satu hari besar bagi umat Muslim selain Idul Fitri, dan dirayakan dengan penuh kebahagiaan serta rasa syukur.

Begini Hubungan Suami Istri yang Semestinya Dibangun dalam Pernikahan Menurut Socrates

Idhul Adha di Mesjid Al-Hidayah Gununglarang

Photo :
  • Handoko/Istimewa

Perayaan Iduladha pada tahun ini bertepatan dengan tanggal 10 Dzulhijah 1445 Hijriah. Di Desa Gunung Larang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, saya merayakan Iduladha di Masjid Al-Hidayah. Desa kecil yang berada di ujung Selatan Kabupaten Brebes ini penuh dengan keceriaan dan semangat kebersamaan pada hari yang istimewa ini.

Belajar Jadi Pendeta, Wanita Ini Malah Mantap Mualaf dan Berhijab

Idhul Adha di Mesjid Al-Hidayah Gununglarang

Photo :
  • Handoko/Istimewa

Pelaksanaan Salat Iduladha

Mengurai Makna Tri Dharma dalam Sutasoma Karya Empu Tantular

Pelaksanaan salat Iduladha di Masjid Al-Hidayah dipimpin oleh Ustaz Abdul Ghafur sebagai imam, Ustaz Arifin sebagai khatib, dan Ustaz Ahmad sebagai muazin. Salat berlangsung dengan khidmat, diikuti oleh ratusan jamaah yang memenuhi masjid dan area sekitarnya.

Dalam khutbahnya, Ustaz Arifin menekankan pentingnya perayaan Iduladha sebagai ibadah yang memiliki dua dimensi secara bersamaan, yaitu dimensi vertikal dan horizontal. "Dimensi vertikal berarti hubungan kita dengan Allah SWT, sementara dimensi horizontal berkaitan dengan hubungan kita antar sesama manusia," jelas Ustaz Arifin.

Halaman Selanjutnya
img_title