INFO HAJI 2024: DPR Imbau Jemaah dengan Visa Non Haji Segera Kembali

Jemaah Haji sedang Tawaf di Ka'bah
Sumber :
  • pexels

Jedah, WISATA Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi mengimbau jemaah yang menggunakan visa non haji, agar tidak memaksakan diri dan segera kembali ke Indonesia.

"Kami imbau para calon jemaah pengguna visa non haji untuk tertib, disiplin dan segera kembali ke tanah air. Jangan paksakan berhaji dengan menggunakan visa non haji," kata Ashabul Kahfi, saat tiba di bandara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA), Jedah pada hari Sabtu (8/6/2024).

Kahfi menegaskan, apabila jemaah nekat menggunakan visa non haji, termasuk visa ziarah dan visa umrah, sanksi tegas telah menanti dari Pemerintah Arab Saudi.

"Informasi yang kami dapatkan, memang cukup banyak calon jemaah haji yang sampai hari ini masih berusaha untuk melaksanakan ibadah haji dengan menggunakan visa non haji, termasuk visa ziarah maupun umrah," ungkapnya.

Karena itu, ia mendukung dan mengapresiasi pemerintah Arab Saudi untuk menertibkan para jemaah yang tidak menggunakan visa haji.

Hal ini sebagai upaya untuk mencegah lonjakan jemaah haji yang melebihi kapasitas karena dapat mengganggu keamanan dan kelancaran ibadah haji.

INFO HAJI 2024: Update Jemaah Haji Wafat 1.301, 83% Jemaah Adalah Tidak Resmi

Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi

Photo :
  • kemenag.go.id
"Kenapa perlu ditertibkan, karena dalam rangka untuk mengontrol. Kalau jemaah ini sudah over capacity, jemaah sulit terkontrol . Itu mengganggu kenyamanan, ketertiban, bahkan bisa mengancam keselamatan jemaah kalau jumlah jemaah haji ini tidak bisa kita kontrol lagi," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title