DESA WISATA : Akhirnya Keelokan dan Kebersihan Desa Wisata Penglipuran Bali Diakui Dunia

Desa Wisata Panglipuran
Sumber :
  • IG/felgra_photography

Kabupaten Bangli, WISATA – Desa Wisata Penglipuran merupakan salah satu dari desa wisata yang meraih penghargaan dari Organisasi Pariwisata Dunia di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa, UNWTO (United National World Tourism Organization). Desa tersebut terpilih menjadi salah satu dari 54 UNWTO Best Tourism Villages 2023.

 

 

Dikutip dari Indonesia.go.id, Kelian atau Pengelola Desa Wisata Penglipuran I Wayan Budiarta, didampingi Sekretaris Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Ni Wayan Giri Adnyani, telah menerima piagam secara langsung dari Sekjen UNWTO Zurab Pololikashvili, di Samarkand, Uzbekistan, pada 19/10/2023 yang lalu.

 

Penglipuran yang berada di Kabupaten Bangli itu berhasil terpilih di antara 260 kandidat dan lebih dari 60 negara yang terdaftar. Selain Desa Penglipuran, ada tiga desa wisata di Indonesia lainnya yang masuk dalam upgrade programme dari inisiatif ini, yaitu Desa Bilebante (NTB), Desa Pela (Kaltim), dan Desa Taro (Bali). Tiga desa wisata Indonesia tersebut menjadi bagian dari 20 desa bimbingan yang dipersiapkan untuk menjadi Best Tourism Villages UNWTO di periode selanjutnya. Desa-desa tersebut terdaftar di bawah UNWTO Best Tourism Villages Upgrade Programme yang merupakan desa-desa dengan potensi besar dari berbagai penjuru dunia.