YOGYAKARTA: “De Java Oorlog Run & Fest” Kolaborasi Olah Raga, Budaya, dan Kuliner dalam Satu Acara

De Java Oorlog Run & Fest di Bantul, Yogyakarta
Sumber :
  • bantulkab.go.id

Yogyakarta, WISATA – Mengambil start dan finish di Alun-Alun Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 700 peserta turut andil dalam memeriahkan “De Java Oorlog Run & Fest”, pada hari Minggu (27/10/2024).

Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati hari jadi ke-78 Kelurahan Guwosari.

Lurah Guwosari, Masduki Rahmad mengatakan, acara ini menggabungkan 3 hal, yakni olah raga, budaya, dan kuliner.

Masduki mengajak peserta untuk tidak hanya berolahraga, tetapi juga merasakan semangat sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro dengan menggunakan Pangeran Diponegoro saat melawan penjajah dan beberapa tempat wisata di Guwosari.

“Harapannya, peserta bisa mengetahui tentang potensi-potensi di Guwosari dan perjuangan Pangeran Diponegoro saat melawan penjajah. Endingnya, di garis finish ada berbagai UMKM lokal Guwosari yang harapannya, ikut naik kelas bersama dengan acara ini,” ujar Masduki.

Tak hanya itu, "De Java Oorlog Run and Fest" juga semakin semarak, dengan kehadiran penampilan spesial dari penyanyi Ndarboy, yang menghibur para peserta dan pengunjung dengan lagu-lagu hitsnya.

Selain hiburan musik, para pengunjung juga disuguhi beragam kesenian daerah yang ditampilkan secara apik di panggung utama.

Kesenian ini menjadi wujud pelestarian budaya yang memperkaya acara dan semakin menyemarakkan suasana.

(Sumber: bantulkab.go.id)