AMBARAWA: Palagan Night Carnival, Angkat Ekonomi Kreatif Warga serta Wahan Hiburan

Palagan Night Carnival di Ambarawa, Jawa Tengah
Sumber :
  • jatengprov.go.id

Ambarawa, WISATA – Kegiatan Palagan Night Carnival berlangsung meriah.

Para peserta Palagan Night Carnival yang mengenakan aneka kostum, mampu menarik antusiasme warga Kabupaten Semarang, Jawa Tengah pada hari Sabtu (12/10/2024).

Tak hanya anak sekolah, masyarakat umum, bahkan perwakilan kabupaten/kota dari daerah lain juga turut memeriahkan pagelaran tersebut.

Arak-arakan dimulai dari Museum Kereta Api Ambarawa di Jalan Pemuda, hingga destinasi wisata Palagan Ambarawa, sepanjang 3 kilometer.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Semarang, Basari berharap, karnaval itu dapat menggerakkan kebangkitan sektor pariwisata.

“Tak hanya itu, juga dapat meningkatkan mutu usaha ekonomi kreatif warga, seperti fashion dan seni kriya,” ujarnya.

Terpenting lagi, lanjutnya, karnaval itu bisa menjadi atraksi wisata menarik, sehingga mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara maupun Nusantara, yang selanjutnya juga akan berdampak baik bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Wiwin Sulistyowati menamahkan, Palagan Night Carnival diikuti oleh 39 kelompok peserta.

Mereka berlomba menampilkan kreasi kostum karnaval dalam tiga kategori, yakni tema flora, fauna, dan daur ulang (recycle).

Aneka kreasi kostum para peserta dinilai oleh tim juri untuk menentukan peserta terbaik yang bakal menerima hadiah piala dan uang tunai.

“Kami akan mengusulkan karnaval ini menjadi agenda tahunan tingkat nasional,” pungkasnya.

(Sumber: jatengprov.go.id)