JAKARTA: Jakarta Running Festival 2024 pada Sabtu dan Minggu Besok, Diikuti Belasan Ribu Pelari

Jakarta Running Fest (JRF) 2024, 12-13 Oktober 2024
Sumber :
  • beritajakarta.id

Jakarta, WISATA – Pemerintah Provinsi (pemprov) DKI Jakarta mendukung ajang Jakarta Running Fest (JRF) 2024 yang diinisiasi Kelompok Lari Anak Bangsa (KLAB) pada tanggal 12-13 Oktober 2024.

JRF 2024 mempertandingkan lima kategori race, yakni 5K, 10K, Half Marathon, Marathon, dan Junior Dash.

Ajang ini diikuti sekitar 16.000 pelari, dimana 276 di antaranya, adalah pelari dari manca negara.

Pada hari Sabtu, 12 Oktober, lomba 5K dan 10K akan diikuti masing-masing oleh 5.000 peserta.

Kategori Junior Dash untuk 600 peserta anak-anak, akan dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada hari yang sama.

Sedangkan kategori Half Marathon dan Marathon, akan digelar pada hari Minggu, 13 Oktober dengan total peserta mencapai 6.000 orang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, keikutsertaan 276 pelari dari luar negeri menjadikan Jakarta Running Fest 2024 sebagai event lari internasional yang dinantikan.

“Kami sangat antusias menggelar Jakarta Running Fest 2024 ini. Selain sebagai ajang olahraga, acara ini juga menjadi momen untuk mempererat kebersamaan warga, sekaligus memperkenalkan destinasi wisata olahraga atau sport tourism di Jakarta,” ujar Andri (7/10/2024).

Andri menambahkan, Jakarta Running Fest 2024 juga menghadirkan Race Expo di Istora Senayan mulai tanggal 10 hingga 13 Oktober.

Expo ini diramaikan dengan berbagai kegiatan menarik seperti bazar, workshop, serta penampilan artis lokal seperti Diskoria, Dikta, Donne, Potret, dan Sheryl Shenafia.

Tersedia lebih dari 100 tenan pada expo tersebut, terdiri dari brand olahraga global maupun lokal yang dikurasi oleh @lokalhood.id @runhoodmag, makanan serta minuman di @tworubber Food Rumble, hingga para sponsor dan mitra resmi.

“Jakarta Running Fest 2024 tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga sebuah inisiatif yang diharapkan memberikan dampak ekonomi bagi berbagai sektor,” ujar Andri.

Sementara itu, Direktur Utama PT KLAB, Dickie Widjaja mengatakan, event ini adalah langkah baru bagi KLAB. setelah berpisah dari Jakarta Marathon.

“Ini perdana untuk kami. Tahun lalu, KLAB membantu menyelenggarakan Jakarta Marathon 2023, sekarang kami membuat event sendiri, Jakarta Running Fest. Kami ingin menciptakan acara lari berskala internasional yang bisa menjadi kebanggaan kita semua,” ungkap Dickie.

Dickie menambahkan, Jakarta Running Fest 2024 lebih dari sekadar lomba lari, namun juga bertujuan memberdayakan banyak pihak, mulai dari UMKM hingga komunitas setempat.

“Kami ingin semua pihak, termasuk sektor ekonomi, dapat merasakan manfaat dari acara ini, terutama dengan adanya Race Expo yang akan digelar,” ucapnya.

(Sumber: beritajakarta.id)