LUMAJANG: Bisa Jadi Peluang untuk Berwisata Nih...Belanja Sayur, Bisa Petik Langsung dari Kebun

Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni Resmikan Gerbas Tani
Sumber :
  • portalberita.lumajangkab.go.id

Lumajang, WISATA Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni meresmikan Gerbas Tani atau Gerakan Belanja Sayuran di Lahan Petani di Desa Kedungrejo, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang, Kamis (19/9/2024).

Gerbas Tani diharapkan bisa meningkatkan harga jual sayur di tingkat petani, karena memiliki kualitas yang bagus, sehat dan langsung di petik dari lahan petani.

“Saya berharap dengan adanya acara ini, nantinya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya para petani yang ada di Kabupaten Lumajang,” ujarnya.

Gerbas Tani yang digelar selama 3 hari mulai tanggal 19 - 21 September itu, merupakan salah satu upaya Pemerintah Desa Kedungrejo yang didukung oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

Dengan kegiatan ini, petani dapat berinteraksi langsung dengan pembeli, sekaligus menjadikan pembelajaran bagi petani dalam beragribisnis dan menjadikan desa agrowisata.

“Kolaborasi antarinstansi ini sangat luar biasa, karena bukan hanya ada kebun sayur saja, namun dengan adanya keindahan kebun bunga ini, juga nantinya bisa menjadi pupuk pestisida bagi tanaman yang lain,” imbuhnya.

Gerbas Tani memang bertujuan untuk menjembatani antara petani dan pembeli secara langsung.

Para pembeli akan mendapatkan harga yang terjangkau karena tidak melalui pihak pengepul atau tengkulak, sedangkan pembeli bisa membeli aneka hasil pertanian langsung dari lahannya, sehingga terjamin kesegarannya.

Sementara petani mendapatkan harga yang tinggi karena pembeli merupakan konsumen langsung.

Selain itu, masyarakat yang berkunjung nantinya juga dapat menikmati keindahan kebun sayur dan bunga yang disuguhkan di lokasi Gerbas Tani.

(Sumber: portalberita.lumajangkab.go.id)