Ruang Bawah Tanah Berusia 900 Tahun di Lembah Nil: Prasasti Ajaib dan Tanda Misterius Ditemukan
- Facebook/archaeologyworldwide.com
Malang, WISATA – Banyak temuan arkeologis yang menarik telah dilaporkan oleh arkeolog Polandia yang melakukan penggalian di Old Dongola, ibu kota kerajaan abad pertengahan yang hilang dan berkembang di Lembah Nil.
Diantaranya adalah ruang bawah tanah misterius berusia 900 tahun yang ditutupi dengan prasasti "ajaib" yang melindungi makam di sebuah biara di Old Dongola, Sudan.
Dongola Tua adalah kota penting di Nubia abad pertengahan, sekarang menjadi kota sepi di Sudan yang terletak di tepi timur Sungai Nil di seberang Wadi Al-Malik.
Di al-Ghazali di Sudan Utara, para arkeolog Polandia menemukan sebuah gereja unik dalam arsitektur biara Bizantium, sejumlah besar pecahan prasasti penguburan dan bejana bertulis.
Al-Ghazali - sebuah oasis di gurun Bayoudah, beberapa kilometer dari kota Merowe di Sudan Utara, adalah tempat yang menakjubkan dengan peninggalan zaman Kristen. Ini adalah salah satu dari dua kompleks keagamaan yang dikenal di Nubia abad pertengahan, terletak di luar Lembah Nil.
Biara ini terletak di Wadi Abu Dom - lembah sementara yang terisi air yang melintasi gurun Bayuda, yang pernah menjadi jalur perdagangan tersibuk di timur laut Afrika. Sekarang sudah hancur dan ditinggalkan. Belum diketahui secara pasti kapan vihara mulai berfungsi, namun diketahui masih berfungsi hingga abad ketiga belas.
Di dalam makam itu terdapat tujuh mumi laki-laki, semuanya mengenakan pakaian linen sederhana. Salah satu mumi yang berada di dalam makam tersebut diyakini adalah Uskup Agung Georgios, seorang pemimpin agama yang sangat berkuasa di kerajaan Makuria kuno.
Sejarawan menduga dia meninggal pada tahun 1113 M pada usia 82 tahun. Enam mumi lainnya diyakini laki-laki berusia tidak lebih dari 40 tahun.
Bukanlah tugas yang mudah untuk menemukan ruang bawah tanah tersebut. “Pintu masuk ke ruangan itu ditutup dengan batu bata merah yang diikat dengan mortar lumpur,” jelas Wlodzimierz Godlewski, direktur Misi Polandia ke Dongola saat ini.
Ruang bawah tanah tampaknya telah ditutup setelah penguburan terakhir dilakukan.
Di ruang bawah tanah, para arkeolog menemukan prasasti di dinding dan langit-langit. Ini ditulis dengan tinta hitam pada lapisan kapur dan telah diidentifikasi sebagai Koptik Yunani dan Sahid.
Beberapa diantaranya adalah kutipan dari Injil Lukas, Yohanes, Markus dan Matius, serta nama-nama dan tanda-tanda magis. Sebuah doa yang dipanjatkan oleh Perawan Maria, yang pada akhirnya kematian menampakkan diri kepadanya 'dalam bentuk ayam jantan' juga terungkap.
Prasasti yang ditulis oleh "Ioannes", yang meninggalkan tanda tangan di tiga dan mungkin empat dinding, memiliki tujuan tertentu. Menurut para arkeolog, prasasti tersebut berfungsi sebagai perlindungan bagi almarhum dari kekuatan jahat.
Hal ini 'dimaksudkan untuk menjaga tidak hanya makam tersebut, namun terutama mereka yang dikuburkan di dalamnya selama periode berbahaya antara saat kematian dan penampakan mereka di hadapan takhta Tuhan,' tulis Adam Lajtar dari Universitas Warsawa, dalam jurnal Arkeologi Polandia di Mediterania.
Ruang bawah tanah pertama kali ditemukan pada tahun 1993 oleh Misi Polandia ke Dongola. Penelitian untuk memahami prasasti tersebut sedang berlangsung dan catatan lengkap teks tersebut akan terungkap dalam waktu dekat.
“Ini adalah kerja keras. Prasastinya jauh lebih terpelihara dengan buruk daripada gambarnya.
Kadang-kadang saya menghabiskan waktu berjam-jam untuk membaca beberapa surat tanpa hasil apa pun. Dan terkadang seberkas cahaya yang menerangi prasasti selama beberapa detik dengan cara yang benar memungkinkan saya membaca semua teks yang sebelumnya tidak dapat dibaca." Dr. Grzegorz Ochala dari Departemen Papyrologi, Universitas Warsawa, mengatakan.
Salah satu prasasti yang paling menarik kemungkinan besar adalah doa "Anak Domba Tuhan" yang ditulis dalam bahasa Yunani, yang membuktikan bahwa bahasa ini digunakan di Nubia abad pertengahan lebih lama daripada di wilayah Bizantium yang ditaklukkan oleh orang Arab.
Juga pada tahun 2004, penggalian dilakukan di lokasi Biara Tritunggal Mahakudus di Dongola Lama.
“Ruang 6 biara itu ternyata digunakan sebagai kapel. Ditemukan struktur persegi. dibangun di dekat tembok timur, yang bisa berfungsi sebagai altar... Di atasnya, di dinding timur, pernah ada mural besar yang melambangkan Malaikat Tertinggi Michael."
"Fragmen yang diawetkan dengan lebih baik menunjukkan sayap malaikat agung dengan ciri khas 'bulu merak', serta banyak fragmen plester bertulis yang berasal dari sekitar sudut timur laut. di antaranya adalah sebagian besar Mazmur 29, yang ditulis dengan tinta hitam dalam bahasa Nubia Kuno dan Yunani.
Teksnya disajikan dengan cara yang aneh, bergantian dalam salah satu dari dua bahasa, ayat demi ayat. Sisa-sisa empat teks lainnya dalam bahasa Yunani juga dicatat tetapi belum teridentifikasi; namun dua di antaranya tampaknya merupakan grafiti Yunani-Nubian.
Menurut para peneliti, “Dekorasi kapel yang dilukis, gambaran yang masih ada pada tirai setidaknya tampak aneh. Di samping sosok Malaikat Jibril (?) di dinding utara, masih ada pemandangan dua pria yang masih belum teridentifikasi duduk di bagian dalam, terlihat melalui tirai yang terbuka, tampaknya sedang membuat perjanjian keuangan."
“Ada beberapa komposisi lain yang mungkin berhubungan dengan cerita ini, termasuk seorang biksu misterius yang sedang berdoa, diikatkan rambutnya ke batu. Komposisi besar yang diamati pada sisa-sisa lemari besi yang berjatuhan dapat diidentifikasi sebagai adegan Pembantaian Orang Tak Bersalah.
Pemandangan lain yang sangat mengejutkan misalnya, digambarkan di ruang 5 biara di kubah utara. “Ini mewakili sebuah festival yang didedikasikan untuk Perawan Maria dengan beberapa penari, beberapa di antaranya mengenakan topeng tradisional. Patung-patung itu memegang tongkat, pembakar dupa, dan drum. Teks yang menyertainya dalam bahasa Nubia Kuno mungkin dimaksudkan untuk menunjukkan apa yang mereka nyanyikan.
Perawan dengan tongkat kayu dilukis sebagai ikon di samping pemandangan ini. Bagian utara dari kubah yang sama dan dinding timur dipenuhi dengan pemandangan Kelahiran Yesus yang menunjukkan luasnya ikonografis sepenuhnya.
Malang, WISATA – Banyak temuan arkeologis yang menarik telah dilaporkan oleh arkeolog Polandia yang melakukan penggalian di Old Dongola, ibu kota kerajaan abad pertengahan yang hilang dan berkembang di Lembah Nil.
Diantaranya adalah ruang bawah tanah misterius berusia 900 tahun yang ditutupi dengan prasasti "ajaib" yang melindungi makam di sebuah biara di Old Dongola, Sudan.
Dongola Tua adalah kota penting di Nubia abad pertengahan, sekarang menjadi kota sepi di Sudan yang terletak di tepi timur Sungai Nil di seberang Wadi Al-Malik.
Di al-Ghazali di Sudan Utara, para arkeolog Polandia menemukan sebuah gereja unik dalam arsitektur biara Bizantium, sejumlah besar pecahan prasasti penguburan dan bejana bertulis.
Al-Ghazali - sebuah oasis di gurun Bayoudah, beberapa kilometer dari kota Merowe di Sudan Utara, adalah tempat yang menakjubkan dengan peninggalan zaman Kristen. Ini adalah salah satu dari dua kompleks keagamaan yang dikenal di Nubia abad pertengahan, terletak di luar Lembah Nil.
Biara ini terletak di Wadi Abu Dom - lembah sementara yang terisi air yang melintasi gurun Bayuda, yang pernah menjadi jalur perdagangan tersibuk di timur laut Afrika. Sekarang sudah hancur dan ditinggalkan. Belum diketahui secara pasti kapan vihara mulai berfungsi, namun diketahui masih berfungsi hingga abad ketiga belas.
Di dalam makam itu terdapat tujuh mumi laki-laki, semuanya mengenakan pakaian linen sederhana. Salah satu mumi yang berada di dalam makam tersebut diyakini adalah Uskup Agung Georgios, seorang pemimpin agama yang sangat berkuasa di kerajaan Makuria kuno.
Sejarawan menduga dia meninggal pada tahun 1113 M pada usia 82 tahun. Enam mumi lainnya diyakini laki-laki berusia tidak lebih dari 40 tahun.
Bukanlah tugas yang mudah untuk menemukan ruang bawah tanah tersebut. “Pintu masuk ke ruangan itu ditutup dengan batu bata merah yang diikat dengan mortar lumpur,” jelas Wlodzimierz Godlewski, direktur Misi Polandia ke Dongola saat ini.
Ruang bawah tanah tampaknya telah ditutup setelah penguburan terakhir dilakukan.
Di ruang bawah tanah, para arkeolog menemukan prasasti di dinding dan langit-langit. Ini ditulis dengan tinta hitam pada lapisan kapur dan telah diidentifikasi sebagai Koptik Yunani dan Sahid.
Beberapa diantaranya adalah kutipan dari Injil Lukas, Yohanes, Markus dan Matius, serta nama-nama dan tanda-tanda magis. Sebuah doa yang dipanjatkan oleh Perawan Maria, yang pada akhirnya kematian menampakkan diri kepadanya 'dalam bentuk ayam jantan' juga terungkap.
Prasasti yang ditulis oleh "Ioannes", yang meninggalkan tanda tangan di tiga dan mungkin empat dinding, memiliki tujuan tertentu. Menurut para arkeolog, prasasti tersebut berfungsi sebagai perlindungan bagi almarhum dari kekuatan jahat.
Hal ini 'dimaksudkan untuk menjaga tidak hanya makam tersebut, namun terutama mereka yang dikuburkan di dalamnya selama periode berbahaya antara saat kematian dan penampakan mereka di hadapan takhta Tuhan,' tulis Adam Lajtar dari Universitas Warsawa, dalam jurnal Arkeologi Polandia di Mediterania.
Ruang bawah tanah pertama kali ditemukan pada tahun 1993 oleh Misi Polandia ke Dongola. Penelitian untuk memahami prasasti tersebut sedang berlangsung dan catatan lengkap teks tersebut akan terungkap dalam waktu dekat.
“Ini adalah kerja keras. Prasastinya jauh lebih terpelihara dengan buruk daripada gambarnya.
Kadang-kadang saya menghabiskan waktu berjam-jam untuk membaca beberapa surat tanpa hasil apa pun. Dan terkadang seberkas cahaya yang menerangi prasasti selama beberapa detik dengan cara yang benar memungkinkan saya membaca semua teks yang sebelumnya tidak dapat dibaca." Dr. Grzegorz Ochala dari Departemen Papyrologi, Universitas Warsawa, mengatakan.
Salah satu prasasti yang paling menarik kemungkinan besar adalah doa "Anak Domba Tuhan" yang ditulis dalam bahasa Yunani, yang membuktikan bahwa bahasa ini digunakan di Nubia abad pertengahan lebih lama daripada di wilayah Bizantium yang ditaklukkan oleh orang Arab.
Juga pada tahun 2004, penggalian dilakukan di lokasi Biara Tritunggal Mahakudus di Dongola Lama.
“Ruang 6 biara itu ternyata digunakan sebagai kapel. Ditemukan struktur persegi. dibangun di dekat tembok timur, yang bisa berfungsi sebagai altar... Di atasnya, di dinding timur, pernah ada mural besar yang melambangkan Malaikat Tertinggi Michael."
"Fragmen yang diawetkan dengan lebih baik menunjukkan sayap malaikat agung dengan ciri khas 'bulu merak', serta banyak fragmen plester bertulis yang berasal dari sekitar sudut timur laut. di antaranya adalah sebagian besar Mazmur 29, yang ditulis dengan tinta hitam dalam bahasa Nubia Kuno dan Yunani.
Teksnya disajikan dengan cara yang aneh, bergantian dalam salah satu dari dua bahasa, ayat demi ayat. Sisa-sisa empat teks lainnya dalam bahasa Yunani juga dicatat tetapi belum teridentifikasi; namun dua di antaranya tampaknya merupakan grafiti Yunani-Nubian.
Menurut para peneliti, “Dekorasi kapel yang dilukis, gambaran yang masih ada pada tirai setidaknya tampak aneh. Di samping sosok Malaikat Jibril (?) di dinding utara, masih ada pemandangan dua pria yang masih belum teridentifikasi duduk di bagian dalam, terlihat melalui tirai yang terbuka, tampaknya sedang membuat perjanjian keuangan."
“Ada beberapa komposisi lain yang mungkin berhubungan dengan cerita ini, termasuk seorang biksu misterius yang sedang berdoa, diikatkan rambutnya ke batu. Komposisi besar yang diamati pada sisa-sisa lemari besi yang berjatuhan dapat diidentifikasi sebagai adegan Pembantaian Orang Tak Bersalah.
Pemandangan lain yang sangat mengejutkan misalnya, digambarkan di ruang 5 biara di kubah utara. “Ini mewakili sebuah festival yang didedikasikan untuk Perawan Maria dengan beberapa penari, beberapa di antaranya mengenakan topeng tradisional. Patung-patung itu memegang tongkat, pembakar dupa, dan drum. Teks yang menyertainya dalam bahasa Nubia Kuno mungkin dimaksudkan untuk menunjukkan apa yang mereka nyanyikan.
Perawan dengan tongkat kayu dilukis sebagai ikon di samping pemandangan ini. Bagian utara dari kubah yang sama dan dinding timur dipenuhi dengan pemandangan Kelahiran Yesus yang menunjukkan luasnya ikonografis sepenuhnya.