Badak Berbulu 32.000 Tahun yang Setengah Dimakan oleh Predator Ditemukan di Siberia

Bangkai Badak Berbulu yang Ditemukan di Siberia
Sumber :
  • Instagram/evolution_soup

Malang, WISATA – Para ilmuwan telah menemukan bangkai beku dari seekor badak berbulu muda di es Siberia yang menjadi mumi dan dimakan oleh predator puluhan ribu tahun lalu.

Sisi kanan badak berbulu itu terawat baik, dengan bercak-bercak kulit dan bulu yang tetap utuh selama ribuan tahun, tetapi sisi kirinya menunjukkan bahwa anak badak itu dimangsa beberapa jam sebelum atau sesudah kematiannya.

"Dari bagian atas paha hingga setinggi tulang belikat, sangat hancur," tulis peneliti dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia dan Akademi Ilmu Pengetahuan Republik Sakha dalam sebuah studi yang mendokumentasikan bangkai tersebut, yang diterbitkan pada tanggal 1 Juli di jurnal Doklady Earth Sciences . "Rongga bagian dalam tubuh terekspos dan sebagian besar ususnya hilang."

Dari bangkai yang hancur, terdapat sisa-sisa krustasea kecil yang tertanam di bulu juga menunjukkan badak berbulu (Coelodonta antiquitatis) tersebut mati di kolam air dangkal.

Penanggalan radiokarbon menunjukkan badak berbulu muda itu mati dan membeku lebih dari 32.000 tahun yang lalu.

Badak berbulu menjelajahi tundra Arktik antara 460.000 dan 12.000 tahun yang lalu , selama zaman es terakhir . Mereka adalah binatang besar dan herbivora terbesar kedua di ekosistem padang rumput mammoth setelah mammoth berbulu (Mammuthus primigenius). Seperti mammoth, badak berbulu beradaptasi dengan baik dengan iklim dingin berkat bulu lebat mereka, tetapi para ilmuwan masih tahu sangat sedikit tentang hewan prasejarah ini, menurut penelitian tersebut.

Penemuan langka badak berbulu yang hampir utuh telah membantu para peneliti mengisi beberapa kesenjangan tersebut.