Mengapa Anak-anak Merupakan Pembelajar yang Cepat?

Sekolah Anak usia Dini
Sumber :
  • pixabay

Malang, WISATA – Anak-anak tentu saja mengembangkan keterampilan baru dengan cepat, sambil belajar cara menavigasi dunia yang asing dan baru secara efektif bagi mereka. Sebaliknya, orang dewasa mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mempelajari bahasa baru atau menguasai elemen matematika tertentu.

Mengapa anak belajar begitu cepat? Apakah ini sekadar kebutuhan, atau apakah otak anak-anak lebih mampu menerima informasi baru dibandingkan otak orang dewasa?

“Ada anggapan umum bahwa ‘anak-anak itu seperti spons’ dan memiliki kemampuan magis untuk mempelajari keterampilan baru lebih cepat dibandingkan orang dewasa, namun ada beberapa kesalahpahaman di sini,” kata Debbie Ravenscroft, dosen senior studi anak usia dini di Universitas dari Chester di Inggris, seperti dilansir dari livescience.com. “Perkembangan kognitif seorang anak berkaitan dengan usia dan tentu saja, kinerja anak-anak lebih buruk dibandingkan teman-temannya yang lebih tua di sebagian besar wilayah. Namun, ada kalanya masa muda memberikan keuntungan dan hal ini terjadi pada tahun-tahun awal mereka.”

Keuntungan ini sebagian besar disebabkan oleh neuroplastisitas, yang berarti kemampuan otak untuk membentuk dan mengubah koneksi, jalur dan jaringannya berdasarkan pengalaman. Neuroplastisitas inilah yang memberikan anak-anak kemampuan untuk belajar dan jika perlu, melupakan kebiasaan, rutinitas, pendekatan dan tindakan dengan sangat cepat. Kemampuan ini paling konstan dan cepat terjadi sebelum anak berusia 5 tahun, ketika banyak dari apa yang mereka temui atau alami adalah hal baru.

“Kemampuan untuk belajar dengan cepat ini berhubungan dengan beberapa bidang, termasuk plastisitas, pengalaman mereka dengan orang dewasa, lingkungan mereka dan dorongan biologis mereka untuk bereksplorasi,” kata Ravenscroft. “Masa kanak-kanak adalah tempat di mana anak-anak menghabiskan waktunya untuk mengejar kemampuan orang dewasa yang lebih canggih.”

Penguasaan bahasa, khususnya, adalah area di mana anak-anak seringkali mempunyai keuntungan besar dibandingkan orang dewasa, kata Ravenscroft. Hal ini terutama disebabkan karena "bayi sudah mampu menyesuaikan diri dengan ritme dan suara yang digunakan dalam bahasa ibu mereka, sehingga dapat menjadi pembicara yang kompeten dan fasih pada usia empat tahun." Kemampuan ini dapat membantu anak-anak belajar bahasa kedua atau ketiga dengan mudah, kata Ravenscroft.

Dalam makalah penelitian yang diterbitkan pada bulan April 2022 di jurnal Perspectives on Psychological Science, penulis berpendapat bahwa "bayi manusia dilahirkan dengan melihat dan mendengar informasi linguistik yang tidak dimiliki oleh anak-anak yang lebih besar dan orang dewasa, meskipun mereka kehilangan kemampuan ini karena lebih banyak pengalaman di lingkungan mereka." Selain itu, bayi dapat “membedakan bunyi dan nada bicara yang digunakan dalam semua bahasa di dunia, membuat mereka terbuka terhadap semua masukan, terlepas dari lingkungan linguistik tempat mereka dilahirkan.”