Hercules: 12 Tugas Mustahil dan Legenda Sang Pahlawan Terbesar Yunani

Hercules Putra Zeus
Sumber :
  • Image Creator Bing/Handoko

Malang, WISATA - Hercules, atau Herakles dalam bahasa Yunani, adalah salah satu pahlawan terbesar dalam mitologi Yunani. Ia dikenal sebagai putra Zeus, dewa tertinggi, dan Alcmene, seorang manusia. Kekuatan fisik dan keberanian luar biasanya membuat Hercules dikenang sebagai sosok legendaris yang berhasil menaklukkan tantangan yang tak mungkin dilakukan oleh manusia biasa. Namun, di balik kegagahannya, Hercules harus menjalani 12 tugas mustahil yang ditugaskan oleh Raja Eurystheus, sebagai bentuk hukuman atas pembunuhan tragis yang ia lakukan dalam keadaan amarah yang dikendalikan oleh dewi Hera.

Kisah 12 Tugas Hercules tidak hanya menceritakan petualangan pahlawan ini, tetapi juga menjadi simbol kemenangan atas tantangan besar dalam kehidupan. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi legenda tentang 12 tugas mustahil Hercules, bagaimana ia menaklukkan setiap tugasnya, dan mengapa ia tetap dikenang sebagai salah satu pahlawan terbesar Yunani.

Asal Usul Hercules

Hercules dilahirkan dengan status setengah dewa, dengan ayahnya Zeus, penguasa para dewa, dan ibunya Alcmene, seorang manusia yang luar biasa cantik dan cerdas. Namun, dewi Hera, istri Zeus, sangat membenci Hercules karena lahir dari perselingkuhan Zeus. Sejak kelahirannya, Hera berusaha membunuh Hercules dan menciptakan banyak rintangan dalam hidupnya. Salah satu upaya Hera adalah ketika ia mengirim dua ular besar untuk membunuh bayi Hercules saat di dalam buaian, namun dengan kekuatannya yang luar biasa, bayi Hercules justru mencekik kedua ular itu.

Meski dibenci oleh Hera, Hercules tumbuh menjadi sosok yang gagah, kuat, dan penuh semangat. Namun, pada suatu hari, dalam keadaan amarah yang dipicu oleh Hera, ia membunuh istri dan anak-anaknya. Sebagai penebusan dosa, ia diperintahkan oleh dewa Apollo untuk melayani Raja Eurystheus, yang kemudian memberikan 12 tugas mustahil untuk dilakukan oleh Hercules.

12 Tugas Mustahil Hercules

1. Membunuh Singa Nemea