Harashta Haifa Zahra Orang Indonesia Pertama Raih Kompetisi Internasional Miss Supranatural 2024

Harashta Haifa Zahra
Sumber :
  • rri.co.id

Jakarta, WISATA – Indonesia mencatatkan sejarah dalam kompetisi Miss Supranational 2024 yang tahun ini digelar di Polandia. Harastha Haifa Zahra (20) berhasil menjadi pemenang ajang internasional itu yang melibatkan lebih dari 70 negara di dunia.

Harashta Haifa Zahra meraih gelar Miss Supranational 2024 pada Sabtu (6/7/2024). Perempuan yang akrab disapa Tata itu menjadi orang Indonesia pertama yang memenangkan kontes tersebut sejak pertama digelar pada 2024.

Di babak dua besar, wanita kelahiran Garut, Jawa Barat itu mengungguli peserta asal Amerika Serikat, Jenne Dykstra. Di dalam negeri, Tata sebelumnya adalah pemenang Puteri Indonesia 2024 yang diselenggarakan tiga bulan lalu. Dan Puteri Indonesia 2024 itu menjadi wanita pertama yang memenangkan ajang ini. Kendati demikian, masih saja ada yang mencibir prestasi Tata tersebut.

Miss Supranational adalah kontes kecantikan yang didirikan di Panama, Amerika Tengah, pada 2009 dan saat ini berpusat di Polandia. Dikutip dari News24, supranational mengandung arti memiliki pengaruh yang melampaui batas-batas negara maupun pemerintahan.  Selama 12 tahun, 80 negara berpartisipasi pada ajang yang memfokuskan diri pada keanggunan dan keindahan alam ini. Glamour, fesyen, dan kecantikan alami menjadi titik berat pada kontes kecantikan internasional ini.

Indonesia menjadi salah satu negara yang ikut berpartisipasi dan rutin mengirimkan perwakilan ke ajang Miss Supranational. Sebelumnya, Puteri Indonesia Pariwisata 2020, Jihane Almira Chedid, pernah terpilih menjadi juara favorit Miss Supranational 2021. Pencapaian tertinggi Indonesia diwakili oleh Puteri Indonesia Pariwisata 2019, Jesica Fitriana. Dia berhasil mencatatkan pencapaian sebagai juara ketiga Miss Supranational 2019. 

Berbagai komentar menanggapi keberhasilan Tata. Namun ada beberapa komentar negatif yang muncul di laman instagram Ridwan Kamil (RK), sehubungan RK adalah salah satu juri dalam ajang Puteri Indonesia 2024 yang lalu.

RK mengakui kemampuan dan kecakapan Tata dalam ajang tersebut, sehingga RK dan 7 juri lainnya memilih Tata sebagai pemenang. Namun, beberapa netizen tidak percaya, sebab Tata dan RK sama-sama berasal dari Jawa Barat.