Tahun Baru Imlek di Berbagai Negara Asia, Ada Tet Nguyen Dan di Vietnam, dan Seollal di Korsel

Tahun Baru Imlek
Sumber :
  • IG/vietnam_vibes

WISATA – Tahun Baru Imlek yang juga dikenal sebagai Tahun Baru Cina, merupakan salah satu perayaan terbesar dan paling penting dalam budaya Tionghoa. Imlek didasari oleh kalender lunar dan dirayakan oleh komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Tradisi ini memiliki makna yang dalam dan sarat dengan simbol-simbol serta tradisi-tradisi kuno yang kaya arti.

Tahun Baru Imlek, Budaya dan Sebuah Tradisi yang Diwariskan dari Generasi ke Generasi

Makna dari perayaan Imlek sangatlah dalam. Selain menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman, perayaan Imlek juga merupakan saat untuk memberikan hadiah kepada orang-orang yang kurang beruntung. Di Indonesia, Tahun Baru Imlek dirayakan khususnya di daerah dengan komunitas Tionghoa yang signifikan. Perayaannya meliputi tarian naga dan barongsai, pertunjukan tradisional, dan persembahan jajanan kaki lima yang melimpah. Keluarga juga berkumpul untuk makan malam reuni dan menjalankan adat istiadat untuk membawa keberuntungan dan kemakmuran di tahun depan.

Tahun Baru Imlek

Photo :
  • IG/vietnam_vibes
‘Resident Playbook’ Dikabarkan Tunda Tayang Perdana Hingga Tahun Depan

Di beberapa negara lain, perayaan Tahun Baru Imlek juga mempunyai tradisi dan keunikan tersendiri. Berikut ini adalah perayaan tahun Baru Imlek di beberapa negara di Asia, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Vietnam (Tet Nguyen Dan): Di Vietnam, Tahun Baru Imlek dikenal sebagai Tet Nguyen Dan. Tradisi Tahun Baru Vietnam antara lain mempersembahkan makanan secara simbolis di altar keluarga, mengunjungi kerabat dan kuil, serta kebiasaan memberikan amplop merah kepada anak-anak dan orang tua. Hidangan tradisional seperti banh chung (kue ketan) dan berbagai bentuk acar sayuran dinikmati selama ini.

Prakiraan Cuaca Kota Bogor Jawa Barat dan Sekitarnya, Tanggal 20 Mei 2024

2. Korea Selatan (Seollal): Di Korea Selatan, Tahun Baru Imlek disebut Seollal. Perayaan tersebut meliputi penghormatan kepada leluhur, ritual tradisional seperti upacara peringatan leluhur, dan menikmati pesta dengan berbagai hidangan tradisional seperti tteokguk (sup kue beras). Keluarga berkumpul untuk memainkan permainan tradisional dan melakukan ritual leluhur.

Halaman Selanjutnya
img_title