YOGYAKARTA: 7 Tempat Makan Populer yang Jadi Referensi, Nyam-Nyammmm.... (Bagian 1)

Wisata Kuliner di Kota Yogyakarta
Sumber :
  • pariwisata.jogjakota.go.id

Yogyakarta, WISATA Kota Yogyakarta merupakan satu wilayah dalam provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), selain Kabupaten Sleman, Gunungkidul, Bantul dan Kulonprogo.

Tak hanya banyak menyimpan jejak sejarah, kota pelajar ini juga menjadi magnet kunjungan wisata, baik wisata alam, wisata edukasi, juga wisata kuliner.

Kali ini, kami siapkan 7 tempat makan yang bisa menjadi referensi saat berkunjung ke kota Gudeg ini.

Tulisan ini kami susun bertahap agar tidak terlalu melelahkan ketika Anda menyimaknya. Selamat berburu kuliner.....


1. Bale Raos Restaurant

YOGYAKARTA: Waspada Penyakit Flu Singapura, 68 Warga Suspek Terjangkit Hingga Maret 2024

Bale Raos Restaurant

Photo :
  • pariwisata.jogjakota.go.id

Penasaran dengan hidangan khas Keraton Yogyakarta? Ingin mencicipi masakan-masakan favorit para Raja Yogyakarta? Bale Raos Restaurant bisa memenuhi rasa penasaran itu semua.

Berlokasi di kawasan Keraton Yogyakarta, Bale Raos hadir dengan menyajikan berbagai menu kegemaran keluarga keraton.

Bale Raos memiliki konsep arsitektur Jawa yang kental, mulai dari bangunan bagian depan yang menyerupai Plengkung Gading, lengkap dengan tulisan khas Keraton, bangunan Joglo yang menawan, serta aura Keraton yang kental.

Di sini, pengunjung akan semakin menikmati hidangan bak bangsawan.

Berbagai menu utama yang bisa dicicipi, antara lain Bebek Suwir Suwir yang merupakan masakan favorit Sultan HB X, yaitu berupa irisan daging bebek yang disajikan dengan irisan nanas goreng dan saus kedondong parut.

Kemudian ada Semur Piyik, olahan lezat dari burung dara.

Urip Urip Gulung yang terbuat dari ikan lele fillet yang dipanggang dan disajikan dengan saus mangut, serta Soup Timlo.

Tidak lupa juga Beer Jawa, minuman asli Keraton Yogyakarta yang diramu dari berbagai rempah-rempah seperti jahe, kayu secang, cengkeh, jeruk nipis, dll.

Semua hidangan yang ada di Bale Raos diolah sesuai resep keluarga kerajaan yang sudah diwariskan secara turun-temurun.

Tidak hanya itu, selama bersantap, pengunjung akan diiringi alunan Gending Jawa yang membuat pengunjung seolah-olah menjadi tamu terhormat Keraton.

Di beberapa kesempatan, pengunjung juga disuguhi seni tari Jawa klasik (beksan) dan setiap Sabtu malam, Bale Raos menampilkan live performance music keroncong yang membuat pengunjung semakin nyaman dan betah.

Bale Raos buka setiap hari mulai pukul 09.30 – 21.30 WIB (kecuali hari Senin, buka 09.30 – 15.00 WIB).

Area indoor dan outdoor dengan kapasitas indoor hingga 80 seat, dan kapasitas 200 seat dalam kombinasi indoor dan outdoor party.

Alamat: Jl. Magangan Kulon No.1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, DIY 55131

No Telp : (0274) 415550


2. Mie Ayam Tumini

Prakiraan Cuaca Daerah Istimewa Yogyakarta, 23 Januari 2024, Hujan Ringan

Mie Ayam Tumini

Photo :
  • pariwisata.jogjakota.go.id

Mie ayam merupakan salah satu kuliner sejuta umat. Hampir semua tempat di Indonesia, memiliki primadona masing-masing untuk makanan lezat ini, tidak terkecuali kota Yogyakarta.

Dari sekian banyak warung mie ayam yang ada di Yogya, terdapat warung mie ayam yang sangat populer keberadaannya, yaitu Mie Ayam Tumini.

Sekilas dari luar, warung mie ayam ini terlihat biasa. Tapi ketika melihat jejeran panjang sepeda motor yang terparkir di depan warung, pasti akan membuat calon pembeli bertanya-tanya, apa yang membuat mie ayam ini ramai dikunjungi pembeli.

Warung yang berlokasi di Utara Terminal Giwangan ini, setiap harinya bisa menjual hingga 700 mangkok mie ayam.

Rasanya yang khas dan mantap - yang tidak ditemui di warung mie ayam lainnya - menjadikan alasan mengapa mie ayam Tumini, sampai sekarang masih eksis di tengah banyaknya warung mie ayam yang tengah menjamur di Yogya.

Mie ayam Tumini memiliki penampakan khas dengan topping ayam dan kuah kentalnya yang berwarna kecoklatan. Kuah tersebut memiliki cita rasa gurih dan manis yang berasal dari bumbu topping mie ayam tersebut.

Kenyalnya mie berpadu pas dengan manis gurihnya kuah ayam, ditambah beberapa sendok sambal yang semakin menambah rasa mie ayam, benar-benar membuat ketagihan.

Warung mie ayam Tumini hanya menjual mie ayam saja, namun dengan berbagai varian. Pembeli bisa memilih beberapa menu tambahan lain seperti mie ayam ceker, mie ayam jumbo, mie ayam ekstra ayam, topping ceker, serta sawi ayam.

Meskipun setiap harinya selalu dipadati pembeli, mie ayam Tumini tidak membuka cabang di tempat lain ya.

Mau tidak mau, untuk menikmati seporsi mie ayam legendaris ini, pembeli harus rela antre, terlebih pada jam makan siang.

Alamat: Jl. Imogiri Tim. No.187, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY 55163

No Telp: (0274) 410334


3. Gudeg Pawon

YOGYAKARTA, Risiko Covid-19 di periode tanggal 31 Desember 2023 - 6 Januari 2024

Gudeg Pawon

Photo :
  • pariwisata.jogjakota.go.id

Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang berbahan dasar nangka muda. Gudeg sangat mudah ditemui di penjuru Yogya, baik di restoran maupun di penjual gudeg kaki lima.

Bahkan, pembeli bisa menemukan kuliner gudeg 24 jam, mulai dari pagi, siang, malam, sampai dini hari, penjual gudeg dapat ditemui.

Dikenal sebagai makanan khas Yogyakarta sejak jaman dulu, tentu saja ada beberapa gudeg yang dikenal sebagai gudeg legenda, salah satunya adalah Gudeg Pawon.

Gudeg Pawon yang dirintis oleh Ibu Prapto Widarso, sudah ada sejak 1958. Gudeg Pawon sendiri memiliki arti Gudeg Dapur, dalam artian, para pembeli yang ingin menikmati gudeg ini langsung dilayani di dapur rumah pemilik warung.

Gudeg Pawon dikenal sebagai sebagai kuliner malam di Yogya. Jam operasional warung gudeg ini, mulai jam 22.00 WIB malam dan biasanya hanya buka selama 3 jam.

Meski warung buka ketika orang lain mulai terlelap, warung ini selalu ramai oleh pembeli. Bahkan meskipun warung baru buka, antrean pembeli sudah mengular panjang.

Sembari mengantre mengambil gudeg, pembeli bisa menyaksikan langsung pembuatan gudeg yang langsung dimasak di tungku, saat itu juga.

Jenis gudeg yang disajikan disini adalah gudeg basah. Sama seperti warung gudeg pada umumnya, di sini menyediakan lauk pendamping berupa ayam kampung dan telur.

Seporsi gudeg disajikan dengan sambal krecek pedas dan bumbu areh yang terasa gurih dan manis bersama gudeg, lauk, dan nasi hangat, benar-benar menggambarkan Yogya yang penuh rasa.

Harga satu porsi gudeg, lengkap dengan lauknya dibanderol mulai Rp11.000 – Rp.25.000.

Jika ingin menikmati kelezatan Gudeg Pawon ini lebih baik datang lebih awal, supaya tidak antre terlalu lama dan tidak kehabisan.

Alamat: Jalan Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY 55164


4. Pondok Cabe

Halaman Selanjutnya
img_title