GUNUNGKIDUL: 9 Pantai yang Belum Populer, Surga yang Tersembunyi (Bagian 2)

Selamat Datang di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Sumber :
  • gunungkidulkab.go.id

Gunungkidul, WISATA – Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, yang terletak 39 kilometer sebelah Tenggara Kota Yogyakarta.

Dengan ibu kota kabupaten Wonosari, Kabupaten Gunungkidul memiliki luas 1.485,36 km2 atau sekitar 46,63% dari luas wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Secara  yuridis, status Kabupaten Gunungkidul sebagai salah satu daerah kabupaten yang berhak mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri dalam lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta, ditetapkan pada tanggal 15 Agustus 1950 dengan UU Nomor 15 Tahun 1950, tentang Pembentukan Daerah-daerah Kabupaten dalam Lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pusat Pemerintahan Kabupaten Gunungkidul berada di Jalan Brigjen. Katamso Nomor 1 Wonosari, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wilayah Gunungkidul berbatasan dengan beberapa daerah, sebagai berikut:

- Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
- Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Klaten dan Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.
- Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.
- Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia

Gunungkidul memiliki pesona alam yang begitu berlimpah. Keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa tersebut beraneka ragam, baik pesona pantai, pegunungan juga air terjun.

Kali ini, kami sajikan BAGIAN 2, tentang 9 pantai di penjuru Gunungkidul yang selama ini belum begitu dikenal, namun memiliki keindahan surga yang memesona.

1. PANTAI SLILI

5 Destinasi Wisata Pantai Favorit di Gunungkidul Yogyakarta Berdasarkan Rating Google

Pantai Slili, Gunungkidul

Photo :
  • wisata.gunungkidulkab.go.id

Deretan keindahan pantai – pantai di Gunungkidul sudah tidak diragukan lagi. Masing – masing pantai di Gunungkidul memiliki identitas keindahannya tersendiri. Bentangan pantai yang luas dan hamparan pasir putih pantai – pantainya, mengajak pengunjung untuk selalu datang lagi  dan lagi. Tetapi ada satu pantai yang punya keunikan tersendiri, pantai dengan garis pantainya yang mungil tidak mengurangi keindahan pantai Slili.

Pantai ini terletak di antara pantai Krakal dan pantai Sadranan, panorama indah dan ketenangannya akan kita temui ketika berkunjung.  Letaknya yang nyempil diantara pantai yang lain, membuat sedikit orang yang tahu.

Meskipun letak pantai yang tersembunyi dan mungil, tetapi ada banyak fasilitas yang tersedia untuk pengunjung.

Kondisi pantai yang tenang dan alami, masih dapat kita nikmati di sini. Pengunjung juga akan disuguhi dengan hidangan lezat oleh para pedagang lokal.

2. PANTAI NGRAWE

LEBARAN 2024: Jemaah Aolia di Gunungkidul, Yogyakarta, Gelar Salat Idulfitri Hari Ini

Pantai Ngrawe, Gunungkidul

Photo :
  • wisata.gunungkidulkab.go.id

Pantai Ngrawe atau biasa disebut juga dengan nama Pantai Mesra, terletak di Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

Kawasan pantai ini, dapat diakses melalui pantai yang bersebelahan, yaitu Pantai Kukup dan Mbuluk.

Hamparan pasir putih menghiasi keindahan panorama Pantai Ngrawe.

Di lokasi ini juga, terdapat banyak spot foto yang unik dan instagramable. Pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan rerumputan hijau dan pohon palem.

Konsep taman dengan rerumputan hijau di pinggir pantai, menjadikan pantai Ngrawe menjadi berbeda dengan pantai yang lain.

3. PANTAI NGUYAHAN

NATARU: 18 Ribu Wisatawan Diprediksi Kunjungi Gunungkidul, Pemkab Siapkan Rekayasa Lalulintas

Pantai Nguyahan, Gunungkidul

Photo :
  • wisata.gunungkidulkab.go.id

Selain menikmati keindahan dan keunikan pantai dengan bermain air dan pasir ketika surut, pengunjung juga dapat menikmati sajian kuliner yang dijajakan pedagang lokal.

Di lokasi ini juga disediakan gazebo – gazebo yang disewakan untuk menambah kenyamanan wisatawan.

Letak pantai yang bersebelahan dengan pantai – pantai indah lainnya, menjadikan Pantai Ngrawe banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Ketika berwisata di pantai Ngrawe, dapat sekaligus memperkaya gallery feed media sosial.

Lantai karang yang luas di sepanjang bibir pantai, memamerkan keindahan terumbu karang, aneka biota laut dan ikan – ikan kecil.

Kondisi pantai yang masih alami dan bersih, membuat rasa nyaman untuk menikmati keelokannya.

Lokasi pantai Nguyahan yang luas dan airnya yang dangkal, bisa digunakan untuk bermain air atau mandi di pantai.

Suasana pantai Nguyahan juga cocok digunakan untuk tujuan wisata bagi keluarga, sementara anak – anak dapat lebih mengenal alam dan dengan aman bermain dengan ikan – ikan kecil serta  biota laut lainnya.

Pemandangan alam di sekeliling pantai juga tidak kalah menarik, bukit – bukit hijau yang cukup tinggi berdiri mengelilingi pantai.

4. PANTAI NGOBARAN

Halaman Selanjutnya
img_title