GUNUNGKIDUL: 9 Pantai yang Belum Populer, Surga yang Tersembunyi (Bagian 1)

Selamat Datang di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Sumber :
  • gunungkidulkab.go.id

Gunungkidul, WISATA – Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, yang terletak 39 kilometer sebelah Tenggara Kota Yogyakarta.

Dengan ibu kota kabupaten Wonosari, Kabupaten Gunungkidul memiliki luas 1.485,36 km2 atau sekitar 46,63% dari luas wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Secara  yuridis, status Kabupaten Gunungkidul sebagai salah satu daerah kabupaten yang berhak mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri dalam lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta, ditetapkan pada tanggal 15 Agustus 1950 dengan UU Nomor 15 Tahun 1950, tentang Pembentukan Daerah-daerah Kabupaten dalam Lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pusat Pemerintahan Kabupaten Gunungkidul berada di Jalan Brigjen. Katamso Nomor 1 Wonosari, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wilayah Gunungkidul berbatasan dengan beberapa daerah, sebagai berikut:

- Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
- Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Klaten dan Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.
- Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.
- Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia

Gunungkidul memiliki pesona alam yang begitu berlimpah. Keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa tersebut beraneka ragam, baik pesona pantai, pegunungan juga air terjun.

Inilah 9 pantai di penjuru Gunungkidul yang selama ini belum begitu dikenal, namun memiliki keindahan surga yang memesona.

1. Pantai Kesirat

LEBARAN 2024: Jemaah Aolia di Gunungkidul, Yogyakarta, Gelar Salat Idulfitri Hari Ini

Pantai Kesirat, Gunungkidul

Photo :
  • wisata.gunungkidulkab.go.id

Pantai Kesirat terletak di Dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul.

Pesona pantai Kesirat dengan tipe tebing karang memiliki daya tarik tersendiri. Di sini, tidak ditemukan pasir putih, tetapi pemandangan tebing karang nan cantik dan suara deburan yang sangat cocok untuk melepas penat.

Sebuah pohon tunggal yang tumbuh di tepi tebing, terlihat mencolok dan menarik perhatian. Hamparan tanah berumput yang cukup luas, menambah kesan cantik dan nyaman untuk disinggahi.

Tebing pantai yang menghadap ke Barat juga menjadi lokasi yang pas untuk menyaksikan matahari terbenam, menikmati senja yang begitu cantik.

Lokasi ini juga dapat digunakan untuk camping.

2. Pantai Watunene

NATARU: 18 Ribu Wisatawan Diprediksi Kunjungi Gunungkidul, Pemkab Siapkan Rekayasa Lalulintas

Pantai Watunene, Gunungkidul

Photo :
  • wisata.gunungkidulkab.go.id

Pantai Watunene adalah pantai tersembunyi di deretan pantai – pantai indah di Gunungkidul. Terletak  di Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus, Gunungkidul, lokasinya berjarak sekitar 5 kilometer dari jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang dibangun di wilayah Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus.

Untuk menuju tempat ini, banyak tantangan yang harus dilalui. Sebagai gantinya, pengelola Desa Wisata Kalurahan Tepus (Dewi Kampus - red.) sudah menyediakan jip untuk berpetualang.

Selain itu, kawasan di sekitar Pantai Watunene juga dikelilingi oleh tebing karst yang cukup tinggi. Tebing karst ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Hal ini yang membuat Pantai Watunene seperti surga yang tersembunyi.

3. Pantai Seruni

GUNUNGKIDUL: Satu Lagi Objek Wisata Baru, Bupati Letakan Batu Pertama Pembangunan Pict NiQ

Pantai Seruni, Gunungkidul

Photo :
  • wisata.gunungkidulkab.go.id

Kecil tetapi indah, itulah pantai Seruni, di Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul.  

Pantai Seruni memiliki daya tarik utama berupa hamparan pasir putih dan air terjun yang jatuh dari tebing pinggir pantai.

Namun untuk menyaksikan pemandangan air terjun tersebut, pengunjung disarankan datang pada saat musim hujan, saat debit air cukup banyak dan deras.

Dari pusat kota  Yogyakarta, Pantai Seruni berjarak sekitar 70 kilometer atau kurang lebih dua jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Sekitar setengah kilometer sebelum pantai, pengunjung akan menemui jalan tanah berbatu, ke arah kanan adalah Pantai Pok Tunggal, sedangkan ke arah kiri menuju Pantai Seruni.

Dari sini sudah terlihat pemandangan laut dari kejauhan.

4. Pantai Gesing

Halaman Selanjutnya
img_title