MAGELANG: Museum Borobudur Gelar Slametan Jelang Pameran Arsitektur Vernakular, 11-17 November 2024

Museum Borobudur Gelar Slametan
Sumber :
  • beritamagelang.id

Magelang, WISATA Museum dan Cagar Budaya Unit Warisan Dunia Borobudur, Jawa Tengah menggelar prosesi slametan untuk pendirian rumah limasan di sekitar Situs Brongsongan.

Prosesi slametan ini sebagai bagian dari rangkaian Pameran Arsitektur Vernakular dan Potensi Desa Borobudur 2024 yang akan digelar pada tanggal 11-17 November 2024 mendatang.

Penanggung Jawab Museum dan Cagar Budaya, Wiwit Kasiyati menyatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya Jawa melalui prosesi pembangunan rumah limasan.

"Kami ingin mengenalkan kembali nilai-nilai yang terkandung dalam rumah tradisional, sehingga masyarakat dapat lebih menghargai dan menjaga kelestarian suasana pedesaan di Borobudur," ujar Wiwit Kasiyati.

Pameran yang mengusung tema "Srawung Omah, Ora Wedi Obah Lestarikan Budaya, Rangkul Masa Depan" memilih rumah limasan sebagai contoh bangunan tradisional, mengingat popularitasnya di kalangan masyarakat Jawa.

Wiwit menekankan pentingnya untuk mengenalkan cagar budaya dan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam prosesi ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Pameran, Bambang Kasatriyanto menjelaskan, selain menampilkan rumah limasan, pameran juga akan diisi dengan berbagai kegiatan, termasuk kirab budaya, pameran potensi dari 20 desa di Borobudur, pertunjukan seni tradisional, workshop, serta peluncuran Buku Arsitektur Vernakular Borobudur.

Melalui pameran ini, Bambang berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan rumah tradisional dan mencegah peralihan ke bangunan modern.

(Sumber: beritamagelang.id)

BANYUWANGI: Skybridge Ketapang Dibangun Tahun 2025, Diarsiteki Andra Matin