YOGYAKARTA: Wujudkan Rasa Syukur, Warga Ngablak Sitimulyo Gelar Kirab Budaya Merti Dusun

Warga Ngablak Sitimulyo, Bantul Gelar Kirab Budaya Merti Dusun
Sumber :
  • bantulkab.go.id

Yogyakarta, WISATA – Sebagai upaya untuk melestarikan budaya serta wujud rasa syukur, warga Padukuhan Ngablak, Sitimulyo, Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar arak-arakan kirab budaya dengan tema Nyawiji Mbangun Desa.

Prosesi Kirab Merti Dusun Ngablak diikuti oleh lima bregada peserta kirab yang terdiri dari 5 RT dari pedukuhan Ngablak pada hari Sabtu (22/7/2024).

Mengambil rute kirab dari Padukuhan Ngablak hingga melewati TPST Piyungan, kemudian kembali lagi ke tempat semula, peserta kirab sangat antusias dengan hadir sejak pagi untuk memeriahkan acara ini.

Pada kirab budaya kali ini, juga terdapat lima gunungan berupa hasil bumi serta lima Jodhang terisi berbagai makanan dari lima RT di Padukuhan Ngablak yang dipikul sepanjang kirab budaya berlangsung.

Acara diawali dengan pemotongan pita sebagai tanda keberangkatan peseta kirab oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Yanatun Yunadiana.

Selain memotong pita, ia juga berpesan kepada warga Ngablak untuk turut serta menjaga lingkungan.

“Merti Dusun dapat diartikan pula sebagai Bersih Desa sesuai dengan program Pemerintah Kabupaten Bantul yakni Bersih Sampah 2025. Maka dari itu, mari kebersihan lingkungan ini selalu kita jaga,” pesan Yunadi.

Selain diikuti oleh seluruh warga dari RT 1-5 Padukuhan Ngablak, dalam kirab kali ini juga turut serta Juweni, selaku Kepala Desa Sitimulyo.

Antusiasme warga juga begitu luar biasa.

Terlihat dari keterlibatan dalam mengikuti kirab yang terdiri dari anak-anak sampai lanjut usia.

Bahkan, sebelum mencapai garis akhir, ditampilkan pula display tari-tarian untuk menghibur penonton yang hadir menyaksikan kirab budaya ini.

Setelah kirab selesai, para peserta disambut oleh Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih pada garis finish.

Nantinya rangkaian Merti Dusun ini ditutup dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakon Gatotkaca Mbangun Kasatriyan Pringgondani yang akan dipentaskan oleh Dalang Ki Wisnu Hadi Sugito dengan sinden Ni Elisha Orcharus Alasso.

(Sumber: bantulkab.go.id)

AZIZAH SALSA: Dituding Selingkuhi Pratama Arhan, Ini Pernyataan Terbaru Azizah, Semua Berjalan Baik