Tangan Kanan Shin Tae-yong Respons Tidak Dipanggilnya Elkan Baggott ke Timnas Indonesia

Elkan Baggott
Sumber :
  • tvonews.com

Jakarta, WISATA - Tangan kanan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yakni Nova Arianto, merespons isu tidak dipanggilnya Elkan Baggott ke skuad Garuda jelang pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Spekulasi mengenai keputusan ini telah menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta sepak bola tanah air.

SHIN TAE-YONG: PSSI Sampaikan Kabar Terbaru Soal Kontrak Bersama Timnas Indonesia, Ternyata...

Shin Tae-yong telah memanggil 22 pemain untuk menghadapi Irak dan Filipina pada pertandingan lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang akan digelar pada Juni mendatang. Pertandingan penting ini akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, di mana Timnas Indonesia bertekad untuk lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia akan menjamu Irak pada tanggal 6 Juni dan Filipina pada tanggal 11 Juni. Kemenangan di salah satu dari dua pertandingan tersebut akan memastikan langkah skuad Garuda ke putaran berikutnya. Saat ini, Timnas Indonesia berada di posisi kedua klasemen sementara Grup F dengan tujuh poin.

SHIN TAE-YONG: Respons Legenda Timnas Jika STY Batal Perpanjang Kontrak

Untuk menghadapi dua pertandingan krusial tersebut, Shin Tae-yong memanggil pemain-pemain terbaiknya. Nama-nama seperti Jordi Amat, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Jay Idzes tetap dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia. Selain itu, pemain-pemain yang memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 seperti Marselino Ferdinan dan Justin Hubner juga kembali dipanggil.

Namun, keputusan Shin Tae-yong yang tidak memanggil Elkan Baggott mengejutkan banyak pihak. Padahal, Baggott tidak sedang mengalami cedera dan baru saja tampil dalam laga terakhir bersama Bristol Rovers beberapa pekan lalu. Keputusan ini memicu spekulasi bahwa mungkin ada motif lain di balik tidak dipanggilnya Baggott.

Program Naturalisasi PSSI: Kontroversi dan Keberhasilan Timnas Indonesia

Isu yang beredar menyebutkan bahwa keputusan Shin Tae-yong ini dilatarbelakangi oleh kekecewaannya terhadap Baggott yang tidak merespons panggilan PSSI pada pertandingan playoff Olimpiade Paris 2024 melawan Guinea U-23. Saat itu, Timnas Indonesia U-23 sangat membutuhkan jasa Baggott karena lini pertahanan sedang mengalami krisis dengan absennya Rizky Ridho dan Justin Hubner. Akibatnya, Timnas Indonesia kalah 0-1 dari Guinea.

Shin Tae-yong sempat menyinggung ketidakhadiran Baggott dalam konferensi pers usai pertandingan tersebut. Pelatih asal Korea Selatan itu meminta kepada awak media untuk menanyakan langsung kepada Baggott mengenai keputusannya tidak hadir membela Timnas U-23.

Halaman Selanjutnya
img_title