Simon McMenemy Ingatkan Shin Tae-yong: Banyaknya Pemain Naturalisasi Bisa Merugikan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia
Sumber :
  • tvonews.com

Jakarta, WISATA - Mantan pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, mengungkapkan dampak negatif dari keberadaan banyak pemain naturalisasi di skuad Garuda. Dalam era kepelatihan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia memang dihuni oleh sejumlah pemain naturalisasi, yang menimbulkan pertanyaan tentang identitas tim.

PRESIDEN: Jokowi Luncurkan Golden Visa Indonesia, Salah Satunya untuk Shin Tae-yong

Saat melawan Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia beberapa waktu lalu, Timnas Indonesia menurunkan total 10 pemain naturalisasi. Nama-nama seperti Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, Nathan Tjoe-A-On, Marc Klok, Sandy Walsh, dan Thom Haye menjadi bagian dari skuad.

Dan angka tersebut terus bertambah seiring dengan upaya PSSI yang tengah mengurus naturalisasi beberapa pemain baru seperti Maarten Paes, Jens Raven, dan Calvin Verdonk.

MAARTEN PAES: Curhat ke Media Amerika Soal Pengen Segera Bela Timnas Indonesia

Banyaknya pemain naturalisasi di Timnas Indonesia bukanlah hal baru. Pada tahun 2019, Simon McMenemy telah memperingatkan tentang risiko yang mungkin terjadi akibat kehadiran mereka. Simon, yang pernah menangani Timnas Filipina pada 2010, mengatakan bahwa keberadaan terlalu banyak pemain naturalisasi dapat mengganggu identitas tim.

"Terlalu banyak pemain naturalisasi akan membuat Timnas Indonesia kehilangan jati dirinya," ujar Simon pada 2019.

Shin Tae-yong Tak Perlu Panik, Marselinus Ama Ola Bisa Jadi Solusi Striker Timnas Indonesia

Dia mengambil pengalaman dari Timnas Filipina, di mana dominasi pemain naturalisasi menimbulkan ketidaksepahaman antara tim dan pendukungnya.

"Masalah ini terjadi di Timnas Filipina. Hubungan mereka dengan suporter menjadi tegang karena merasa tidak mewakili negara mereka dengan benar," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title